Adu Mulut Bos Dorna dengan Repsol yang Sebut MotoGP Mulai Membosankan

Kompas.com - 14/06/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang nomor satu Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, akhirnya buka suara usai Repsol, produsen pelumas asal Spanyol, menyebut balapan MotoGP saat ini makin membosankan.

Repsol yang sudah lama jadi sponsor di tim pabrikan Honda mengkritik balapan MotoGP yang minim salip-salipan. Isu ini berawal dari penggunaan beberapa teknologi yang malah membuat balapan jadi monoton.

Baca juga: DAM Honda Gelar Bikers Adventure Camp di Bandung

Pebalap Repsol Honda Marc Marqeuz ketika mengikuti sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (22/4/2022). AFP/GABRIEL BOUYS Pebalap Repsol Honda Marc Marqeuz ketika mengikuti sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, Jumat (22/4/2022).

Isu ini juga pernah diungkap oleh Marc Marquez yang mengatakan adanya winglet serta sistem penurun suspensi dan teknologi lainnya membuat motor makin kencang tapi pebalap jadi jarang takeover.

"Menyalip, hampir tidak ada lagi?. Kami tidak pernah memiliki masalah menyalip," tampik Ezpeleta mengutip Corsedimoto, Senin (13/6/2022).

Ezpeleta mengatakan dalam balapan ada hal yang yang mesti dipikirkan. Setidaknya ada dua faktor yang mesti dipertaruhkan untuk keberlangsungan MotoGP di masa depan sebagai olahraga motorsport dan hiburan.

Baca juga: Hindari Celaka, Begini Tips Aman Berkendara di Jalan Menurun

Livery Aruba.it Racing Ducati yang ada di World Superbike akan digunakan untuk wildcard bersama Michele Pirro di MotoGP 2022Dok. Aruba.it Racing Livery Aruba.it Racing Ducati yang ada di World Superbike akan digunakan untuk wildcard bersama Michele Pirro di MotoGP 2022

"Ada dua parameter yaitu keamanan dan keberlanjutan. Mesin lebih efisien dan kesinambungan ekonomi. Berapa banyak tim yang kita miliki dan telah menghilang? Sekarang, tim swasta dapat berjalan dengan biaya rendah,” katanya.

Bos Dorna Sports itu mengatakan, dari sudut pandangnya MotoGP di era modern saat ini justru lebih baik daripada masa lalu.

“Tingkat kejuaraan hari ini tidak terpikirkan di tahun 80-an. Sekarang semua pebalap cepat dan ada yang luar biasa, ada yang tidak begitu bagus di masa lalu. Apa yang berubah adalah ada pebalap yang lebih kompetitif,” katanya.

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah

Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

Aerodinamika

Ezpeleta juga menampik klaim Repsol soal aerdinamika. Menurut Repsol pemakaian winglet membuat motor jadi lebih menuntut fisik, yang pada akhirnya membuat banyak pebalap saat ini menderita penyakit arm pump.

Ezpeleta mengatakan soal aerobody diserahkan kepada tim. Saat ini kata dia, semua pabrikan sedang berdiskusi tentang masalah aerodinamika dan mesti ada suara bulat untuk mengubah hal itu.

"Kami memaksakan masalah sayap dengan tim," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.