Kompas.com - 12/06/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki mengatakan tidak terlalu terpengaruh masalah krisis cip semikonduktor yang melanda pabrikan otomotif. Sebab tulang punggung penjualan Kawasaki tak pakai cip tersebut.

Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, saat ini penjualan terbanyak Kawasaki ialah dari KLX150 dan W175, sedangkan keduanya tidak memakai cip semikonduktor.

Baca juga: Ini Syarat dan Biaya Cabut Berkas Mobil

Kawasaki W175 CAFE model 2023 warna putihFoto: Kawasaki Kawasaki W175 CAFE model 2023 warna putih

"Kawasaki kebetulan produk yang jadi volume maker saat ini seperti KLX 150 series dan W175 series kita tidak memakai semikonduktor karena masih karburator dan speedometer analog," kata Michael di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Sampai saat ini Michael mengatakan jajaran model lain yang dibuat di Indonesia masih aman termasuk Ninja 250. Namun untuk Ninja ZX-25R memang terkena imbas sebab butuh cip semi konduktor di modul ABS.

"Ninja belum ada dampak, mungkin ZX-25R kena dampak di modul ABS," katanya.

Baca juga: Musim Hujan, Cek Komponen Ini Sebelum Berkendara

Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R untuk harianKompas.com/Donny Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R untuk harian

Dampak yang dirasakan kata Michael, konsumen ZX-25R terpaksa harus inden lebih lama sebab pasokan cip tersendat.

"Inden lebih lama sedikit, sekitar nambah satu bulan (jadi dua bulan) bertambah dari waktu tunggu sebelumnya satu bulan," kata Michael.

Per Juni 2022 Kawasaki sedikit merevisi harga, Ninja ZX-25R ABS SE 2022 yang sebelumnya Rp 118.600.000 menjadi Rp 119.700.000. Kemudian Ninja ZX-25R model standar naik dari  Rp 101.200.000 jadi Rp 102.200.000 on the road (OTR) Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.