Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kagum dengan Slogan Vespa, Erick Thohir Sindir Pabrik di Indonesia | Ganti Pelat Nomor Putih, Polisi Jamin Tak Ada Tambahan Biaya

Kompas.com - 12/06/2022, 07:19 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Slogan satu Vespa sejuta saudara menjadi salah satu kunci yang membuat tingginya antusiasme pencinta skuter legendaris tersebut dalam perhelatan Vespa World Days (VWD) di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 9-12 Juni 2022.

Pasalnya, sebagaimana dikatakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, gelaran kelas dunia itu sudah berhasil menarik lebih dari 12.000 pencinta Vespa dari seluruh negeri.

"Di dunia, ini pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dan langsung memecahkan rekor karena 8.500 orang lebih yang hadir," kata dia ketika membuka helatan VWD 2020/22, Jumat (10/6/2022) malam.

Kemudian, aturan pergantian warna dasar pelat nomor dari hitam menjadi putih untuk kendaraan pribadi akan dimulai tahun ini secara bertahap.

Ditargetkan pada 2027, semua kendaraan pribadi di Indonesia sudah menggunakan pelat baru dengan dasar putih. Menariknya, Korlantas Polri memastikan tidak ada tambahan biaya untuk pergantiannya.

“Tidak ada (biaya pergantian). Kalau pas pelat hitam keluar biaya? Nggak. Sama saja kayak pelat hitam,” kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 11 Juni 2022.

1. Kagum dengan Slogan Vespa, Erick Thohir Sindir Pabrik di Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka perhelatan Vespa World Days (VWD) 2020/22 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Jumat (10/6/2022).KOMPAS.com/Ruly Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka perhelatan Vespa World Days (VWD) 2020/22 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Jumat (10/6/2022).

"Sebenarnya lebih yang ingin hadir, 12.000-an peserta. Tetapi karena ada pembatasan ya. Ini membuktikan market Indonesia yang sangat besar telah dilirik dunia," lanjut Erick.

Tidak sampai di sana, ia pun mengaku sangat senang dengan slogan satu Vespa sejuta saudara karena mencerminkan budaya masyarakat di dalam negeri.

"Ketika bertemu di jalan saling menyapa, yang kesusahan dibantu supaya motornya bisa jalan lagi tanpa memandang suku, agama, bangsa. Tetapi, bagaimana menghormati persaudaraan," ucap dia.

Baca juga: Kagum dengan Slogan Vespa, Erick Thohir Sindir Pabrik di Indonesia

2. Ganti Pelat Nomor Putih, Polisi Jamin Tak Ada Tambahan Biaya

Ilustrasi pelat nomor jenis baru
wartakota.tribunnews.com Ilustrasi pelat nomor jenis baru

Selama kurun waktu lima tahun (2022-2027), Yusri mengatakan, penggantian pelat nomor dasar hitam menjadi putih akan dilakukan secara bertahap.

Untuk awalan diperuntukkan bagi kendaraan baru, kendaraan yang telah memasuki pembayaran pajak lima tahunan, dan juga kendaraan yang dimutasi atau berpindah daerah.

"Bahwa memang yang jadi skala prioritas itu adalah kendaraan lima tahun, kendaraan baru, atau kendaraan yang dimutasi keluar daerah," tambahnya.

Baca juga: Ganti Pelat Nomor Putih, Polisi Jamin Tak Ada Tambahan Biaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com