Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Karakter Mobil Transmisi AT dan CVT, Benarkah CVT Lebih Lemot?

Kompas.com - 12/06/2022, 11:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membedakan transmisi matik AT dan CVT bukan perkara mudah jika belum mengetahui spesifikasi mobil tersebut.

Pasalnya, secara fisik kedua transmisi memiliki bentuk yang hampir sama. Bahkan tuas transmisinya pun mirip meski ada sedikit perbedaan.

Maka dari itu banyak orang tidak paham bahwa transmisi otomatis itu ada 2 tipe, yaitu AT dan CVT. Padahal, perbedaannya bisa dirasakan oleh pengemudi selama berkendara.

Foreman Nissan Bintaro, Mukti Aji mengatakan keduanya memiliki karakter yang berbeda. Soal akselerasi, AT yang menang, tapi soal kelembutan selama berkendara CVT juaranya.

Baca juga: Daihatsu Sirion Terbaru Pakai CVT, Ini Alasannya

Transmisi otomatis model CVT milik Honda All New BR-Vkompas.com Transmisi otomatis model CVT milik Honda All New BR-V

“Mobil matik AT akan lebih bertenaga terutama saat awal akselerasi daripada mobil matik CVT, tapi CVT lebih nyaman karena tidak ada perpindahan gigi seperti AT” ucap Mukti kepada Kompas.com, Sabtu (11/6/2022)

Saat dikendarai, mobil dengan transmisi AT akan memiliki tarikan mesin yang lebih responsif. Hal ini dikarenakan transmisi AT lebih paten dalam hal menentukan perpindahan gigi.

Mau beban total kendaraan berapa pun, tenaga mesin berapa pun, pada awal jalan sudah pasti gigi 1 yang aktif. Sehingga dengan menginjak pedal gas sedikit saja kendaraan mau lari karena torsinya besar.

Baca juga: Bisakah Mobil Matik Melakukan Engine Brake?

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Sementara CVT akan senantiasa memperhitungkan besar tenaga yang dihasilkan mesin dan mengkalkulasikan dengan total beban kendaraan. Sehingga, besar kecilnya rasio masih sangat fleksibel mengikuti kebutuhan kendaraan.

Hal ini dipengaruhi oleh cara menginjak pedal gas. Jika pedal gas diinjak pelan maka yang terjadi perpindahan giginya pelan.

Bahkan terkadang perlu menginjak pedal gas lebih dalam agar mobil mau lari, tapi tidak mau lari juga karena transmisi CVT membutuhkan waktu dalam mengubah rasio.

Karakter ini yang membuat transmisi CVT terkesan tarikannya berat. Padahal itu hanya karakteristik saja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com