Mundur Akhir Musim 2022, Suzuki Terus Mengembangkan GSX-RR

Kompas.com - 09/06/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki sudah memutuskan untuk mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022. Meski demikian, tim pabrikan asal Jepang ini tetap semangat untuk bisa tampil semaksimal mungkin.

Suzuki membuktikannya dengan tetap mengikuti sesi tes resmi yang digelar di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Bahkan, Suzuki juga menguji dua fairing baru untuk GSX-RR.

Baca juga: Bos Suzuki Ecstar Rekomendasikan Mir ke Honda

"Kami menunjukkan hari ini bahwa kami masih mengimplementasikan barang baru sesuai dengan rencana awal tes yang ditetapkan pada awal 2022, dan fakta bahwa Suzuki akan mundur tidak mengubah itu," ujar Livio Suppo, Manajer Tim Suzuki, dikutip dari Crash.net, Rabu (8/6/2022).

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Sisi aerodinamika adalah satu-satunya area di mana pengembangan Suzuki pada musim dingin tidak sesuai rencana. Suzuki lanjut dengan winglet 2021 untuk musim ini.

Musim ini, Suzuki masih diizinkan untuk memperbarui desain fairing satu kali. Untuk sesi tes ini, hanya Joan Mir yang menguji fairing, karena Alex Rins cedera.

Baca juga: Joan Mir Tidak Takut Jika Harus Satu Tim dengan Marc Marquez

Mir menyelesaikan 55 lap untuk menguji kedua fairing dan membandingkannya dengan yang sekarang, serta meningkatkan kemampuan GSX-RR saat masuk tikungan.

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

"Hal yang utama adalah memahami masalah kami saat masuk tikungan dan kami bekerja di arah yang benar. Ditambah, kami mencoba beberapa fairing baru dari Suzuki," kata Mir.

Menurut Mir, fairing yang dibawa Suzuki sudah bagus dan dirinya yakin bisa mendapat keuntungan dari fairing tersebut. Mir juga ingin menggunakan fairing baru tersebut untuk balapan berikutnya.

Pebalap SUZUKI ECSTAR, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).GARRY LOTULUNG Pebalap SUZUKI ECSTAR, Joan Mir memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Manajer Teknis Suzuki Ken Kawauchi, mengatakan, fokus utama pada pengetesan ini adalah paket aerodinamika. Selain itu, ada juga peningkatan pada sasis dan lainnya yang membuat motor menikung lebih baik.

"Kami merasa sangat optimistis untuk seri-seri berikutnya, dan kami tidak akan berhenti hingga akhir," ujar Kawauchi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.