Kompas.com - 09/06/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Tiggo 7 Pro menjadi produk pertama dari Chery yang akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat. Tidak main-main, Tiggo 7 Pro dibekali dengan mesin turbo yang cukup bertenaga.

Soal spesifikasi resminya, memang belum diberikan informasi lebih detail. Pastinya, Tiggo 7 Pro dibekali dengan mesin 1.500 cc turbo yang menghasilkan tenaga 155 TK dan torsi 230 Nm.

Ruang mesin Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang mesin Chery Tiggo 7 Pro

Tenaga dan torsi yang besar tadi disalurkan ke roda depan dengan transmisi CVT. Selain itu, bisa dipilih mode manual dengan 9 percepatan serta mode berkendara sport dan eco.

Baca juga: Ulik Seberapa Nyaman Interior Chery Tiggo 7 Pro


Untuk pemakaian harian, mesin 1.500 cc turbo tergolong sangat memadai. Tenaganya sangat cukup untuk pemakaian harian, apalagi torsinya sudah terasa di rpm rendah, jadi tidak perlu dalam menginjak pedal gas untuk melaju.

Kemudian, jika dibawa ke jalan tol, mesin Tiggo 7 Pro terasa halus. Mungkin bisa dari peredaman kabin yang baik, namun ketika pedal gas diinjak, mesin langsung responsif memuntahkan tenaga yang besar, tapi tanpa ada kesan mengentak, tidak kasar.

Konsumsi bahan bakar Chery Tiggo 7 Pro dalam kotaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Konsumsi bahan bakar Chery Tiggo 7 Pro dalam kota

Berdasarkan pengetesan yang redaksi lakukan, konsumsi bahan bakar dalam kotanya ternyata agak boros, yakni 8,3 kilometer per liter (kpl). Namun, dengan catatan kondisi jalan yang dilalui macet parah, rutenya dari Jakarta Barat ke Ancol, lalu lanjut mengelilingi Pantai Indah Kapuk (PIK).

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar luar kota, Tiggo 7 Pro memperlihatkan keunggulannya. Menjelajahi sekitar 100 km, Tiggo 7 Pro mencatatkan konsumsi bbm 14,1 kpl.

Bisa terasa hematnya ketika mobil berjalan konstan di kecepatan 90 kpj sampai 100 kpj. Apalagi putaran mesin di kecepatan tersebut tidak sampai melebihi 2.000 rpm, sangat halus.

Hasil uji performa Chery Tiggo 7 ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Hasil uji performa Chery Tiggo 7 Pro

Selain konsumsi BBM, redaksi juga mencoba performa akselerasi 0-100 kpj pakai Racelogic. Hasilnya, mobil SUV yang cukup besar dimensinya ini mencatatkan waktu 12,4 detik dari 0 sampai 100 kpj.

Pengujian tersebut dilakukan sambil membawa satu orang penumpang, jadi ada dua orang di kabin. Selain itu, untuk catatan waktu 0 kpj sampai 60 kpj, dibutuhkan waktu 5,8 detik saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.