PT Transjakarta Targetkan 100 Bus Listrik Beroperasi di Rutenya

Kompas.com - 08/06/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta memiliki target untuk mengoperasikan 100 bus listrik sampai akhir 2022. Saat ini, baru ada 30 unit bus listrik yang beroperasi, sisa 70 lagi.

M. Yana Aditya, Direktur Utama PT Transjakarta mengatakan, tahapan penyediaan bus listrik untuk Transjakarta masih dalam proses dan terus berlangsung.

"Dari sisi rencana kerja, kan 100 unit, kita sedang operasional 30. Jadi masih ada sisa yang kita akan selesaikan sampai akhir tahun," ucapnya di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Kemenhub Sebut Sopir Jadi Faktor Terbesar Penyumbang Kecelakaan Bus

peresmian bus listrik transjakarta janlika putri peresmian bus listrik transjakarta

Saat ini, 30 unit bus listrik tersebut baru beroperasi di dua rute, yakni 1P (Senen-Blok M) dan 1N (Tanah Abang - Blok M). Model bus yang digunakan yakni BYD yang sudah lolos uji coba bus listrik oleh Transjakarta di 2021.

Uji coba ini dilakukan untuk melihat apakah bus sudah sesuai dengan standar pelayanan yang dimiliki Transjakarta. Lebih detail, uji coba dilakukan selama tiga bulan sambil mengangkut penumpang.

Seperti hari ini (8/6/2022) PT Transjakarta kembali meluncurkan tiga bus listrik untuk diuji coba, ada Zhongtong, Skywell, dan BYD. Ketiga bus ini akan melayani rute 5F (Kampung Melayu - Tanah Abang).

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?


"Semuanya ini (100 unit bus), memakai unit dari APM yang sudah lolos uji coba. Sudah ada dua diuji coba yang pertama (BYD dan Higer), sekarang tambah tiga (Zhongtong, Skywell, dan Golden Dragon)," kata Yana.

Yana mengatakan, jika ketiga bus sudah selesai dan lolos uji coba, maka akan tersedia di e-katalog. Jadi operator memiliki beberapa pilihan bus listrik untuk armadanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.