Transjakarta Mau Uji Coba Bus Listrik Berukuran Kecil

Kompas.com - 08/06/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus listrik di Jakarta sudah mulai beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Terdapat dua trayek yang sudah dilayani, yakni 1N (Tanah Abang - Blok M) dan 1P (Senen - Blok M).

Bus listrik yang sudah beroperasi ini sebenarnya harus melalui tahap uji coba yang dilakukan oleh PT Transjakarta. Jadi sampai saat ini baru ada dua merek bus listrik yang lolos uji coba, dan ada tiga merek lainnya yang baru diuji coba.

M. Yana Aditya, Direktur Utama PT Transjakarta mengatakan, tidak berhenti pada bus besar, Transjakarta juga akan menguji coba bus listrik berukuran kecil, atau biasa disebut dengan micro bus.

Baca juga: Transjakarta Uji Coba Tiga Merek Bus Listrik Sekaligus

DFSK Gelora EDOK. DFSK DFSK Gelora E

"Ke depan barangkali bukan hanya bus besar, kita akan coba beberapa kendaraan microbus listrik. Kita harap dukungan untuk bisa masuk pada tahap uji coba tersebut," ucap Yana di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Pengujian yang dilakukan oleh Transjakarta ini sebenarnya untuk memastikan kesesuaian bus atau kendaraan listrik dengan kebutuhan Transjakarta. Uji coba dilakukan selama tiga bulan dengan membawa penumpang di rute tertentu.

Jika sudah diuji coba dan sesuai standar Transjakarta, maka operator bisa memilih merek mana yang bisa digunakan sebagai armadanya. Jadi akan tersedia banyak pilihan kendaraan listrik untuk dipilih.

Baca juga: Video Viral, Bus Ditahan di SPBU karena Ada yang Buang Air


"Dengan banyakanya bus listrik yang tersedia, nanti para mitra operator bus besar dan ke depannya micro bus akan semakin banyak pilihan yang tersedia untuk digunakan dalam penyediaan layanan Transjakarta," ucapnya.

Ketika ditanya mengenai kapan uji coba untuk micro bus, Yana menjawab harus menunggu standarnya. Jika standar dari micro bus tadi sudah terpenuhi, maka kendaraan listrik bisa diuji coba.

Micro bus sendiri di oleh Transjakarta kerap digunakan sebagai Jaklingko. Jadi bisa berguna sebagai feeder bus Transjakarta dari area dengan jalanan kecil ke halte bus Transjakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.