Kompas.com - 07/06/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mengaku telah membangun 27 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sejumlah kawasan wisata.

Langkah tersebut bentuk dukungan perseroan dalam mendukung program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dicanangkan pemerintah sekaligus mengembangkan pariwisata ramah lingkungan.

Dikatakan Direktur Bisnis PLN Regional Jawa, Madura, dan Bali Haryanto WS, terdapat lima kawasan wisata yang dipasang fasilitas itu, yakni Candi Borobudur, Candi Prambanan, Bali, Lombok, dan Labuan Bajo.

Baca juga: Hati-hati, Kenali Berbagai Penyebab Mobil Terbakar

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area gerbang masuk pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022)

"Ini juga ajang sosialisasi kepada masyarakat soal pentingnya beralih ke kendaraan listrik," kata dia dikutip Antara, Senin (6/6/2022).

Haryanto menjelaskan pembangunan SPKLU di kawasan wisata bentuk dukungan PLN untuk mempercepat transisi energi bersih di Indonesia. Juga wujud komitmen PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik nasional.

Menurut Haryanto, saat ini PLN sedang mempersiapkan jaringan SPKLU di beberapa kawasan wisata lainnya, seperti Danau Toba, Likupang, dan Mandalika.

"Ditargetkan selesai Oktober 2022," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai kehadiran SPKLU menjadi hal yang penting karena di masa depan akan ada suatu pergeseran jenis transportasi dari BBM ke listrik.

Baca juga: Gaikindo Optimis Capaian Ekspor Mobil Tahun Ini Akan Positif

PLN resmikan 10 SPKLU di Indonesia TimurPLN PLN resmikan 10 SPKLU di Indonesia Timur

"PLN siap memberikan pasokan listrik yang berlimpah dan berbasis energi bersih," ujar dia.

Dikatakan, hingga saat ini total SPKLU telah beroperasi secara nasional sebanyak 267 unit di 195 lokasi. Adapun total SPKLU yang dimiliki PLN sebanyak 120 unit dan tersebar di 92 lokasi.

Akhir tahun 2022 ini, PLN menargetkan dapat menghadirkan 580 SPKLU untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.