Gaikindo Optimis Capaian Ekspor Mobil Tahun Ini Akan Positif

Kompas.com - 06/06/2022, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) meyakini ekspor mobil dari Indonesia akan terus berada dalam tren yang positif sepanjang tahun 2022.

Hal terkait, sebagaimana dikatakan Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, mengacu pada ekonomi global yang sudah mulai dalam fase pemulihan imbas pandemi Covid-19 dua tahun belakangan.

"Kami harapkan negara-negara penerima mobil dari Indonesia tingkat ekonominya terus bertumbuh," kata dia, Minggu (5/6/2022).

Baca juga: YLKI Usul Pajak Kendaraan Dihapus dan Dialihkan Saat Pembelian BBM

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

Di sisi lain, Jongkie mengakui bahwa pasar otomotif di Asia Tenggara cukup kompetitif persaingannya. Indonesia pun menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan Thailand.

Menurut data ASEAN Automotive Federation, penjualan mobil Indonesia di periode Januari-April 2022 tercatat sebesar 346.849 unit. Angka ini lebih baik dibandingkan penjualan mobil Thailand yang berada di level 310.068 unit pada periode serupa.

Tapi, di periode yang sama pada tahun 2021, penjualan mobil Thailand bisa mencapai 301.773 unit, sedangkan Indonesia hanya mampu menjual mobil sebanyak 310.068 unit.

Produksi mobil Thailand di tahun 2021 pun lebih unggul dari Indonesia yakni sebesar 1.685.705 unit, sementara Indonesia hanya menyentuh 1.121.967 unit.

Bahkan, di tahun 2020 ketika tahun perdana pandemi Covid-19, Thailand masih sanggup memproduksi 1.427.024 unit mobil, sedangkan produksi mobil Indonesia hanya mencapai 690.150 unit.

Baca juga: Pengamat Bilang Pelanggaran ODOL Masuk Level Gawat Darurat

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

"Jadi kita harus lihai dalam mendiversifikasi produk. Jangan hanya bisa memproduksi MPV saja, tapi diperbanyak juga SUV dan sedan," kata dia.

Adapun berdasarkan data Gaikindo, aktivitas ekspor mobil buatan Tanah Air atau completely built-up (CBU) pada periode Januari-April 2022 bisa mencapai 131.941 unit, melampaui tahun lalu yang sebesar 102.594 unit.

Sementara itu, penjualan ekspor mobil completely knock down (CKD) di periode sama mencapai 31.330 unit, atau turun dari capaian di periode serupa tahun lalu sebanyak 38.959 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.