FIA Girls On Track di Formula E Jakarta, Ajak Remaja Putri Belajar tentang Balap

Kompas.com - 03/06/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil Formula E akan digelar pada 4 Juni 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara.

Sebelum memasuki sesi balapan, ada beberapa aktivitas di luar lintasan yang sudah berjalan. Salah satu yang menarik perhatian adalah event Girls On Track.

Program ini diadakan oleh Women In Motorsport IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan FIA yang dibuat untuk gadis remaja di usia 8-18 tahun. Kegiatan ini sengaja dibuat untuk mengenalkan kegiatan balap, baik itu sebagai mekanik dan otomotif kepada para peserta.

Baca juga: Jelang Shakedown Formula E Jakarta, Pebalap Dihadapkan Cuaca Panas

“FIA Girls On Track, Women In Motorsport ini bertujuan untuk mengedukasi mereka yang punya minta di bidang otomotif. Kalau kita di race control itu kan banyak cewek yang ngurusin, seperti track desainer, jadi enggak cuma balap saja,” ucap mantan pebalap nasional Rally Marina, perwakilan dari IMI Women in Motorsport, kepada Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Girls On TrackKompas.com/ApridaMegaNanda Girls On Track

Rally melanjutkan, FIA Girls On Track juga memberikan kesempatan kepada anak-anak perempuan untuk terlibat langsung dalam kegiatan otomotif, khususnya di event Jakarta E-Prix 2022.

“Di sini kita punya beberapa booth, seperti dream workshop, kayak apa sih cita-cita kamu (peserta), jadi kita membuat reality menjadi besar persentasenya. Kemudian ada juga build your own, yang menyajikan informasinya seputar go-kart, jadi mereka akan dijelaskan kegunaannya untuk apa, gimana caranya bongkar bumper,” kata dia.

Selanjutnya, ada pula road safety, di mana pada booth tersebut terdapat penjelasan tentang keamanan seorang pebalap mulai dari perlengkapan hingga arti warna bendera yang digunakan di arena lintasan.

Girls On Track Formula EKompas.com/ApridaMegaNanda Girls On Track Formula E

Sebagai informasi, program ini diikuti oleh 100 orang peserta yang sudah mengikuti pendaftaran hingga 13 mei 2022. Peserta yang sudah mendaftar dan berhasil mengikuti program Girls On Track sudah melalui seleksi yang dilakukan oleh panitia. Serta, satu orang tua atau wali sah dapat menemani acara per peserta.

Baca juga: Provinsi yang Menerapkan Tilang Elektronik Pakai Kamera Ponsel

Kegiatan ini hanya berlangsung selama satu hari, yakni pada Jumat (3/6/2022). Namun, bagi masyarakat yang menonton ajang Formula E pada esok hari bisa melipir ke arena Girls On Track yang berada di luar lintasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.