Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Jaguar Sebut Cuaca Jadi Tantangan Utama Formula E Jakarta

Kompas.com - 03/06/2022, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Formula E dari Jaguar TCS Racing, Mitch Evans dan Sam Bird, mengaku bahwa perbedaan cuaca menjadi salah satu tantangan di setiap lokasi ajang Formula E, tidak terkecuali Jakarta.

Pasalnya, perbedaan suhu memengaruhi performa kendaraan Formula E, terutama pada tekanan ban yang digunakan baik dalam kondisi jalan kering ataupun basah.

"Ada beberapa hal yang menjadi tantangan ya, khususnya dari perbedaan cuaca, kelembapan, serta suhu. Sebab, berbeda suhu akan berbeda pula performa kendaraan," kata Mitch di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Mau Nonton Langsung Formula E Jakarta, Dilarang Bawa Kendaraan Sendiri

Jajaran Jaguar Land Rover Indonesia dan tim Jaguar TCS Racing di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (2/6/2022).KOMPAS.com/Ruly Jajaran Jaguar Land Rover Indonesia dan tim Jaguar TCS Racing di The Brassey Club House, Pantai Indah Kapuk, Kamis (2/6/2022).

Kemudian, tantangan lainnya ialah pada sirkuit yang digunakan yakni di dalam kota dengan lintasan lebih lebar. Hal itu membuat strategi para pebalap berkaitan cukup berbeda pula dari sebelumnya.

Sam bahkan tidak menampik saat melakukan pengujian simulator sirkuit beberapa waktu lalu, ia sempat menemukan suatu jalur yang menantang dan butuh strategi atau perhatian khusus.

"Tapi, persiapan sudah lengkap dan saya tidak sabar untuk kali pertama balapan di Jakarta, Indonesia," kata dia.

Adapun perbedaan kendaraan pada Formula E dibanding kejuaran balap lainnya, Mitch mengatakan bahwa mobil memiliki tenaga yang luar biasa, terkhusus pada akselerasi.

Baca juga: Apa Saja Syarat Ganti Pelat Nomor Putih?

ilustrasi Formula E Racefiaformulae.com ilustrasi Formula E Race

"Kemudian suaranya juga berbeda, (mesin kendaraan) Formula E ini lebih silent suaranya, lalu dari fitur teknologi juga memiliki perbedaan signifikan dan tentunya futuristik," ujarnya.

Untuk diketahui, terdapat 22 pebalap dari 11 tim akan tampil dalam ajang Formula E Jakarta yang dihelat di Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta, Ancol, pada Sabtu (4/6/2022).

Berikut susunan acara Formula E Jakarta 2022:

- 10.00-10.40: pembukaan dan acara musik
- 10.40-11.55: kualifikasi grup A dan B
- 12.30-14.45: hiburan konser musik untuk masing-masing area tiket
- 14.45-15.00: opening ceremony
- 15.00-15.03: MC race announcing
- 15.03-15.04: mobil masuk posisi start
- 15.04-16.00: balapan digelar
- 16.00-16.30: podium ceremony
- 16.30-17.00: audience gimmick. Setelah acara inti, acara hiburan masih dilanjutkan dengan konser musik hingga pukul 22.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com