Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Jajal Skuter Listrik Menuju Vespa World Days 2022

Kompas.com - 03/06/2022, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa World Days 2022 akan digelar pada 9-12 Juni di Peninsula Island, Bali. Elders Elettrico akan ikut acara dengan touring menggunakan Vespa listrik.

Vespa listrik ini merupakan hasil konversi dan akan dites dari Surabaya-Bali. Skuter tersebut kemudian akan dilelang di VWD dan hasilnya disumbangkan untuk UMKM lokal di Bali.

Vespa PTS listrik hasil konversi Elders ElettricoFoto: Elders Vespa PTS listrik hasil konversi Elders Elettrico

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyambut baik rencana ini, sebab VWD tahun ini bersejarah karena biasanya acara ini diselenggarakan di Eropa.

Baca juga: Akses Masuk Penonton Formula E Jakarta Berdasarkan Kelas Tiket

“Biasanya acara Vespa World Days itu diadakan di Eropa dan sekarang untuk pertama kali dalam sejarah akan hadir di Indonesia. Pada kesempatan ini juga kita menyambut era pariwisata baru dengan electric vehicle yang ikut menumbuhkan suatu inisiatif dan inovasi agar kita bangkit untuk kepulihan sektor ekonomi kreatif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/6/2022).

Sandiaga menerima tim Elders Elettrico yang akan bertolak ke Bali membawa beberapa unit skuter konversi listrik, Kamis (2/6/2022) dan mencobanya di jalan selama beberapa saat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menjajal Vespa listrik hasil konversi.Foto: Elders Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menjajal Vespa listrik hasil konversi.

Heret Frasthio selaku CEO Elders Elettrico mengatakan, melalui produk ini penggemar Vespa bisa tetap mempertahankan bentuk standar motor tapi mesinnya diubah ke listrik.

Baca juga: DAMRI Kembangkan Rute Favorit Mudik 2022, Tarif Mulai Rp 175.000

“Trend kendaraan listrik di dunia kami jawab dengan menyodorkan produk konversi dengan tetap mempertahankan bentuk standar kendaraan namun telah menggunakan teknologi motor listrik," kata dia.

Vespa PTS listrik hasil konversi Elders ElettricoFoto: Elders Vespa PTS listrik hasil konversi Elders Elettrico

Skuter konversi listrik ini memiliki spesifikasi baterai Lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Eletricco V1 berdaya 12 1,2Kw dan controller dari Eletricco Square Wave 50a.

Kecepatan maksimumnya antara 50 - 55 kpj serta mampu menempuh jarak tempuh hingga 70- 80 km dengan Mode Eco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com