Bonceng Anak di Jok Belakang, Kaki Harus Bisa Menapak di Foot Step

Kompas.com - 25/05/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membonceng akan di jok depan sangat berisiko dari sisi keselamatan, akan tetapi membonceng anak duduk di jok belakang juga tidak bisa sembarangan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, membonceng anak yang benar di jok belakang ialah yang kakinya bisa menapak foot step.

Baca juga: Gaikindo Yakin Penjualan Mobil Tahun Ini Tembus Target

Tempat duduk di motor buat balitaFoto: Shopee Tempat duduk di motor buat balita

"Untuk anak yang bonceng di belakang kedua kakinya sudah menempel foot step. Jika tidak menempel maka si anak rentan hilang keseimbangannya," kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri menjelaskan, kaki anak perlu menapak di sandaran kaki karena berkaitan dengan keseimbangan dan pengendalian motor. Tanpa itu posisi anak justru berbahaya.

Baca juga: Bikin Calya Versi Listrik, Toyota Mau Kembangkan SDM Indonesia

Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anakKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Kesalahaan pengemudi motor yang bonceng anak

Lantas bagaimana jika kaki anak masih terlalu pendek? Jusri mengatakan bisa ditaruh di semacam tempat duduk tambahan agar bisa menapak sandaran kaki atau memakai semacam pengikat.

"Menyikapinya kita taruh kursi tambahan di belakang, karena anak kecil itu pendek, kakinya belum sampai, kita ikatkan dia. Memang membantu, tapi harus ada aturannya lebih dulu," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.