Bikin Calya Versi Listrik, Toyota Mau Kembangkan SDM Indonesia

Kompas.com - 25/05/2022, 08:22 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Toyota Indonesia belum lama ini menggandeng tiga tiga perguruan tinggi untuk menggarap koversi Toyota Calya bermesin bensin menjadi penggerak motor listrik berbasis baterai.

Tiga perguruan tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Indonesia (UI).

Konversi Calya menjadi kendaraan listrik ini adalah upaya dalam mengembangkan dan menyambut era elektrifikasi di Indonesia.

Baca juga: Toyota Konversi Calya Jadi Mobil Listrik, Siap Produksi Massal?

Ilustrasi konversi mobil konvensional menjadi listrikKai-Uwe Knoth Ilustrasi konversi mobil konvensional menjadi listrik

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, konversi Calya jadi mobil listrik bukan semata-mata mengenai produk, melainkan mengembangkan tenaga kerja orang Indonesia.

"Bagi kita ini bukan masalah hasil, tapi proses. Dalam proses itu kan ada learning-nya, bagaimana mereka mempelajari battery management system, elektrifikasi, jadi banyak disiplin ilmu baru yang mungkin dibutuhkan," ucap Bob di Karawang belum lama ini.

Bob menegaskan, dari konversi Calya listrik ini Indonesia diuntungkan karena bisa memperoleh pelajaran. Begitu juga menjadi cara untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi era elektrifikasi.

Baca juga: Ingat, Sanksi Tarif Parkir Uji Emisi Tertinggi Berlaku Juni 2022


"Kita pengen perubahan dari mobil konvensional jadi elektrik itu bisa dioptimalkan di Indonesia. Kita enggak bisa hanya mengandalkan nikel saja. yang penting itu SDM-nya," kata Bob.

Jangan sampai Indonesia hanya sebagai tempat menjadi pabrik saja karena nikel. Tetapi, manusianya juga harus bisa dan kompeten sehingga siap dan menjadi SDM yang baik menghadapi masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.