Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Skutik Terendam Banjir Rob, Komponen CVT Bisa Rusak?

Kompas.com - 24/05/2022, 16:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Akibat kenaikan muka air laut/rob terjadi di wilayah Tanjung Emas, Semarang, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Tengah mengalami banjir sejak Senin (23/5/2022).

Kejadian ini telah mengakibatkan ratusan bahkan ribuan sepeda motor di daerah tersebut mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana dengan skutik yang memiliki komponen CVT?

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, pada dasarnya musuh utama komponen CVT adalah air.

Baca juga: Sopir Pajero Sport yang Tampar Pengemudi Yaris, Pakai Mobil Nama Perusahaan

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur,  Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang.

Sehingga apabila CVT terkena atau bahkan terendam air, tentu harus dibuka seluruhnya, agar dilakukan pembersihan dan perawatan.

“Kalau komponen masih baru, banjir memang tidak langsung merusak CVT. Terutama kalau motor rajin servis dan langsung dibersihkan usai melewati banjir,” ujar Rendra, kepada Kompas.com (24/5/2022).

Namun apabila motor jarang diservis, lalu komponennya dibiarkan begitu saja setelah menerobos banjir, maka komponen di dalam area CVT bisa mengalami kerusakan.

Baca juga: Adu All New Voxy dan Serena C27, Siapa Lebih Nyaman buat Penumpang?

Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASSDok. Wahana Ilustrasi motor Honda servis di bengkel resmi AHASS

“Efeknya bisa bikin part seperti v-belt dan roller mudah aus, serta di beberapa komponen juga rawan karat nantinya,” ucap Rendra.

Setelah dilakukan pembersihan, tak ketinggalan area-area yang mendapat gemuk atau grease juga wajib diperiksa dan ganti gemuknya.

"Karena kalau kena air dia bakal kering, kalau misalnya kering area seperti sliding sheave itu bisa rawan oblak," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com