Kompas.com - 20/05/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rantai sepeda motor menjadi komponen yang tak bisa disepelkan, bila sampai rusak dampaknya bisa mempengaruhi performa mesin.

Untuk itu pemilik motor wajib memperhatikan dan merawat rantai dengan baik dan benar, karena sampai saat ini tak sedikit yang masih sembarangan atau salah metode yang justru menimbulkan kerusakan.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, ada beberapa kiat agar rantai motor bisa awet digunakan.

Baca juga: Bikin Kesal, Mobil Sudah Kasih Sein Motor Malah Nyalip dari Kiri

Ilustrasi merawat rantai motorDok. AHM Ilustrasi merawat rantai motor

 

Pertama, jangan melumasi rantai dengan oli bekas. Sebab, ada potensi partikel-partikel yang ikut terbawa dan justru merugikan.

“Bisa jadi ada serbuk-serbuk (serpihan) yang berasal dari dalam mesin, hal itu bisa semakin merusak rantai juga komponen yang berhubungan dengan rantai,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kedua, jika terpaksa melumasi rantai dengan oli, pergunakan yang baru dengan tingkat kekentalan atau SAE 80-90.

Berikutnya, jangan lupa untuk membersihkan rantai terlebih dahulu sebelum melakukan pelumasan.

Baca juga: Begini Tanda Busi Motor Harus Diganti

Ilustrasi merawat rantai motor- Ilustrasi merawat rantai motor

“Cukup gunakan detergen untuk menghilangkan kotoran. Jika langsung dilumasi tanpa dibersihkan, maka kotoran akan semakin menempel dan merusak rantai,” kata Ribut.

Terakhir, lakukan pembersihan dan perawatan rantai tersebut secara berkala. Waktunya bisa disesuaikan dengan wilayah dan musim.

"Jika daerahnya berdebu, mungkin akan lebih sering dibanding dengan yang tidak,” ucap Ribut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.