Kompas.com - 19/05/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa transfer pebalap untuk musim 2023 mulai memanas. Apalagi, setelah Suzuki menyatakan untuk mundur dari MotoGP akhir musim ini.

Untuk musim depan, kedua pebalap Suzuki sekarang ini, yakni Joan Mir dan Alex Rins, harus mencari tim yang mau menampungnya.

Baca juga: Usai MotoGP Perancis, Situasi Honda Repsol Memburuk

Bukan hanya kedua pebalap tersebut, Ducati juga dikabarkan akan menggantikan Jack Miller dengan Enea Bastianini atau Jorge Martin. Miller bisa saja kembali ke Pramac Racing atau direkrut tim lain.

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).AFP/ JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).

Ditambah lagi dengan pebalap Repsol Honda, yakni Pol Espargaro. Performanya memang belum terlihat kompetitif hingga saat ini. Kabarnya, Pol akan digantikan oleh Mir.

Dengan begitu, ada setidaknya tiga pebalap yang diketahui berpeluang untuk pindah ke tim lain, yakni Rins, Miller, dan Pol. Salah satu tim yang tertarik dengan ketiga pebalap tersebut adalah KTM.

Baca juga: Alasan Suzuki Keluar dari MotoGP, Semusim Butuh Lebih dari Rp 100 Miliar

Saat ini, tim pabrikan KTM memiliki Brad Binder dan Miguel Oliveira. Brad sudah teken kontrak untuk 2023, sedangkan Oliveira yang meraih kemenangan di Mandalika, kemungkinan besar akan diperpanjang kontraknya.

Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

"Miguel meraih kemenangan di Mandalika. Itu saat hujan, tapi di kelas MotoGP Anda harus meraih kesuksesan seperti itu dahulu. Miguel tetap mendapat kepercayaan kami," ujar Pit Beirer, Direktur Motorsport KTM, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (19/5/2022).

Terkait Miller, Rins, dan Pol, Beirer mengatakan, sedang memperhatikan bursa transfer pebalap saat ini. Dia juga menyatakan ketertarikannya dengan ketiga pebalap tersebut.

"Kami ingin benar-benar yakin bahwa pebalap yang bernegosiasi dengan kami sangat ingin membalap dengan kami. Sebab, Anda membutuhkan komitmen penuh dari pebalap. Anda harus percaya apa yang kami lakukan di MotoGP," kata Beirer.

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Beirer menambahkan, saat ini, pihaknya masih dalam tahap negosiasi, sama seperti yang dilakukan oleh tim pabrikan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.