Kompas.com - 19/05/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur ambient light atau lampu latar interior biasanya sudah disematkan pada mobil premium seperti BMW atau Mercedes-Benz. Dengan ambient light kabin mobil akan terasa lebih mewah dan atraktif.

Selebihnya, lampu ambient juga memudahkan pengemudi maupun penumpang dalam pengaturan mobil khususnya pada malam hari.

Jika mobil Anda yang belum memiliki fitur ambient light juga bisa dipasang. Salah satunya di Dharma Audio, gerai yang menyediakan sistem hiburan mobil.

Baca juga: Beli Mobilio Bekas Taksi, Harga Mulai Rp 90 Jutaan

Felix Saimin, General Manager Dharma Audio mengatakan, pada dasarnya sistem ambient light bisa dipasang pada setiap mobil, hanya saja harus memperhatikan layout di kabin.

“Jadi kita melihat dulu layout mobilnya seperti apa, ada yang bisa diaplikasikan ada yang tidak. Seperti contoh, Honda Freed layout-nya kurang cocok, kayak door trim dan dasbornya itu dari plastik. Jadi tidak bagus kalau dipasang ambient light,” ucap Felix saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

ambient lightinstagram.com/dharmaaudio ambient light

Menurut Felix, penting untuk melakukan pengecekan layout pada kabin, sebab hal ini terkait dengan nilai estetika interior mobil.

“Jadi sebisa mungkin kita buat seperti bawaan aslinya,” kata dia.

Pemasangan ambient light di Dharma Audio menggunakan produk aftermarket, dengan pilihan 64 warna yang bisa diganti melalui tombol ataupun aplikasi yang diunggah pada ponsel.

Baca juga: Adu SUV CBU Jepang, Subaru Forester Vs Mazda CX-30

Adapun untuk pemasangan ambient light membutuhkan waktu 1 hari, dengan kisaran harga Rp 3,5 juta tergantung dari jenis mobil dan tingkat kesulitannya.

“Kisaran harganya Rp 3,5 juta, itu sudah meliputi doortrim depan-belakang, dasbor, foot light,” ucap Felix.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.