Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KTM Buka Pintu buat Pol Espargaro, Jack Miller, dan Alex Rins

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa transfer pebalap untuk musim 2023 mulai memanas. Apalagi, setelah Suzuki menyatakan untuk mundur dari MotoGP akhir musim ini.

Untuk musim depan, kedua pebalap Suzuki sekarang ini, yakni Joan Mir dan Alex Rins, harus mencari tim yang mau menampungnya.

Bukan hanya kedua pebalap tersebut, Ducati juga dikabarkan akan menggantikan Jack Miller dengan Enea Bastianini atau Jorge Martin. Miller bisa saja kembali ke Pramac Racing atau direkrut tim lain.

Ditambah lagi dengan pebalap Repsol Honda, yakni Pol Espargaro. Performanya memang belum terlihat kompetitif hingga saat ini. Kabarnya, Pol akan digantikan oleh Mir.

Dengan begitu, ada setidaknya tiga pebalap yang diketahui berpeluang untuk pindah ke tim lain, yakni Rins, Miller, dan Pol. Salah satu tim yang tertarik dengan ketiga pebalap tersebut adalah KTM.

Saat ini, tim pabrikan KTM memiliki Brad Binder dan Miguel Oliveira. Brad sudah teken kontrak untuk 2023, sedangkan Oliveira yang meraih kemenangan di Mandalika, kemungkinan besar akan diperpanjang kontraknya.

"Miguel meraih kemenangan di Mandalika. Itu saat hujan, tapi di kelas MotoGP Anda harus meraih kesuksesan seperti itu dahulu. Miguel tetap mendapat kepercayaan kami," ujar Pit Beirer, Direktur Motorsport KTM, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (19/5/2022).

Terkait Miller, Rins, dan Pol, Beirer mengatakan, sedang memperhatikan bursa transfer pebalap saat ini. Dia juga menyatakan ketertarikannya dengan ketiga pebalap tersebut.

"Kami ingin benar-benar yakin bahwa pebalap yang bernegosiasi dengan kami sangat ingin membalap dengan kami. Sebab, Anda membutuhkan komitmen penuh dari pebalap. Anda harus percaya apa yang kami lakukan di MotoGP," kata Beirer.

Beirer menambahkan, saat ini, pihaknya masih dalam tahap negosiasi, sama seperti yang dilakukan oleh tim pabrikan lainnya.

"Puji Tuhan, saya harus jujur, selalu menyegarkan bisa bicara dengan pebalap lain lagi dan melihat bagaimana mereka melihat kami, bagaimana mereka melihat motor kami di trek," ujar Beirer.

"Mereka mengatakan mengapa mereka ingin KTM, karena mereka melihat ini dan itu di trek. Itu mengapa kami memiliki perbincangan menarik saat ini, dengan Pol, dengan Jack, dan dengan Alex Rins," katanya.

Beirer mengatakan, hanya pihak Joan Mir yang tidak ingin berbicara dengan KTM. Kemungkinan besar, dia akan menggantikan Pol.

KTM akan menyediakan tempat di tim satelit Tech3. Tim tersebut saat ini memiliki juara dunia Moto2 2021 Remy Gardner dan runner up Moto2 2021 Raul Fernandez. Sayangnya, keduanya jauh dari kata kompetitif sejauh ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/19/172100415/ktm-buka-pintu-buat-pol-espargaro-jack-miller-dan-alex-rins

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke