Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Balap MotoGP Perancis: Bastianini Juara, Bagnaia Jatuh, Duo Suzuki Crash!

Kompas.com - 15/05/2022, 19:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

LE MANS, KOMPAS.com - Pebalap Gresini Racing Enea Bastianini berhasil keluar sebagai pemenang di GP Perancis, di Sirkuit Le Mans, Minggu (15/5/2022). Bastianini menjadi yang tercepat setelah Francesco Bagnaia terjatuh saat keduanya sedang bersaing ketat.

Beruntung pebalap Ducati lainnya Jack Miller mampu mengamankan podium kedua. Sedangkan Aleix Espargaro dari Aprilia sukses naik ke podium ketiga.

Dua pebalap tuan rumah, Fabio Quartararo dan Johann Zarco ada di posisi keempat dan kelima. Pebalap Repsol Honda Marc Marquez finish di posisi keenam diikuti Takaaki Nakagami di posisi tujuh.

Jalannya Balapan

Jalannya balap langsung dikuasai pebalap Ducati. Pebalap tim pabrikan Jack Miller memimpin di posisi pertama disusul Francesco Bagnaia dan pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins di posisi ketiga.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang start dari posisi kesepuluh berhasil menyodok posisi ketujuh. 

Baca juga: Begini Cara Mudah Cegah Mobil Diesel Masuk Angin

 

Di sisi lain Rins terjatuh di lap 3 di tikungan 4 setelah melebar dan menerobos gravel. Rins sedang berada di posisi ketiga sedang ingin menyalip Francesco Bagnaia.

Rins kehilangan kendali dan motornya masuk ke gravel di kecepatan 300 kpj. Ketika kembali masuk ke aspal, motornya terpelanting. 

Tak lama setelah itu Bagnaia alias Pecco berhasil menyalip Miller dan memimpin balap. Pertarungan di grup depan makin sengit karena di posisi ketiga menempel Enea Bastianini.

Baca juga: Bukan Sekedar Aksesoris, Kick Starter Harus Sering Dipakai

Di lap ke-10 Pecco masih berada di posisi pertama disusul Miller di posisi kedua. Pebalap Gresini Racing Enea Bastianini di posisi ketiga dan Joan Mir membuntuti di posisi keempat.

 

Pebalap tuan Rumah Fabio Quartararo berada di posisi keenam dan Marc Marquez di posisi ketujuh. Pebalap Perancis lainnya Johann Zarco berada di posisi kedelapan.

Di lap ke-14 jarak antara Pecco dan Miller terpait 0,5 detik. Pebalap Aleix Espargaro di posisi kelima, Quartararo di posisi keenam dan Marquez posisi ketujuh.

Di lap ke-15 Joan Mir terjatuh. Sial bagi Suzuki dua pebalapnya tersungkur di Le Mans. membuat Aleix naik ke posisi empat, Quartararo kelima dan Marc keenam.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Baca juga: Lihat Bus Listrik Switch Mobility Limited, Bisa Saja Masuk Indonesia

Di sisi lain Bastianini berhasil menyalip Miller dan kini berada di posisi kedua. Pebalap asal Italia itu konsisten menjaga kecepatan dan kini memburu Pecco di posisi pertama.

Di lap ke-18 Bastianini semakin gencar mendekati Pecco. Di sisi lain pebalap berambut keriting tersebut juga memperlebar jarak nyaris 1,8 detik dengan Miller di posisi ketiga.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com