Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia | Sopir Bus Maut di Tol Sumo Positif Narkoba, Ini Ancaman Hukumannya

Kompas.com - 19/05/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus menjadi salah satu moda transportasi yang masih diminati masyarakat Indonesia. Apalagi zaman sekarang, bus semakin tinggi kualitasnya, sehingga penumpang semakin dimanjakan.

Model bus sendiri ada banyak, misalnya seperti bus besar. Bus besar juga punya beberapa model, secara umum ada High Deck (HD) dan Super High Deck (SHD).

Berbeda dengan mobil penumpang, jika mau membeli bus ada beberapa langkah yang berbeda. Pertama adalah membeli sasisnya terlebih dahulu, lalu dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodinya.

Baca juga: Motor MotoGP Makin Kencang, Balapan Malah Membosankan

Kemudian, belum lama ini terjadi kecelakaan maut yang menimpa PO Bus Ardiansyah di Jalan Tol Surabaya - Mojokerto, Senin (16/5/2022).

Dugaan awal penyebabnya karena sopir mengantuk, sehingga bus menabrak tiang VMS (Variable Message Sign) lalu terguling.

Akibat kecelakaan tersebut, 14 penumpang meninggal dunia, dan 19 penumpang mengalami luka berat dan ringan akibat kecelakaan tersebut.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 18 Mei 2022.

1. Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22DOK. NEW ARMADA Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22

Untuk sasis bus besar, harganya bervariasi, mulai dari Rp 800 jutaan sampai ada yang mendekati Rp 2 miliar. Perlu diingat kalau ini baru harga sasisnya saja, belum biaya untuk pembuatan bodi di karoseri.

Sales Executive Karoseri New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan untuk bodi bus besar double glass HD, harga untuk bodinya saja sekitar Rp 500 jutaan sedangkan jika mau memakai model SHD, harus menambah biaya sekitar Rp 30 juta sampai Rp 65 jutaan.

"Rp 500 jutaan itu bodi kosongan, belum termasuk jok, AC, toilet dan smoking room. Namun audio standar karoseri sudah dapat,” ucap Gerry kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

2. Sopir Bus Maut di Tol Sumo Positif Narkoba, Ini Ancaman Hukumannya

Lokasi kecelakaan bus pariwisata d tol Sumo, Senin (16/5/2022) pagi.Dokumentasi Ditlantas Polda Jatim Lokasi kecelakaan bus pariwisata d tol Sumo, Senin (16/5/2022) pagi.

Namun, berdasarkan fakta terbaru, diketahui sopir pengganti yang mengemudikan bus pariwisata tersebut positif menggunakan narkoba. Hal itu berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Latif Usman mengatakan, pihaknya telah melakukan tes urine terhadap sopir pengganti bernama Ade Firmansyah. Hasilnya, urine yang bersangkutan mengandung narkoba jenis sabu.

“Dari hasil tes urine, sopir positif menggunakan narkoba jenis sabu,” ucap Latif dikutip dari Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Sopir Bus Maut di Tol Sumo Positif Narkoba, Ini Ancaman Hukumannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com