Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

Kompas.com - 18/05/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus menjadi salah satu moda transportasi yang masih diminati masyarakat Indonesia. Apalagi zaman sekarang, bus semakin tinggi kualitasnya, sehingga penumpang semakin dimanjakan.

Model bus sendiri ada banyak, misalnya seperti bus besar. Bus besar juga punya beberapa model, secara umum ada High Deck (HD) dan Super High Deck (SHD).

Berbeda dengan mobil penumpang, jika mau membeli bus ada beberapa langkah yang berbeda. Pertama adalah membeli sasisnya terlebih dahulu, lalu dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodinya.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Tol Sumo

Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22DOK. NEW ARMADA Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22

Untuk sasis bus besar, harganya bervariasi, mulai dari Rp 800 jutaan sampai ada yang mendekati Rp 2 miliar. Perlu diingat kalau ini baru harga sasisnya saja, belum biaya untuk pembuatan bodi di karoseri.

Sales Executive Karoseri New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan untuk bodi bus besar double glass HD, harga untuk bodinya saja sekitar Rp 500 jutaan sedangkan jika mau memakai model SHD, harus menambah biaya sekitar Rp 30 juta sampai Rp 65 jutaan.

"Rp 500 jutaan itu bodi kosongan, belum termasuk jok, AC, toilet dan smoking room. Namun audio standar karoseri sudah dapat,” ucap Gerry kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Motor Dikunci Setang Arah Kanan Bisa Aman dari Maling?

Untuk kursinya, Gerry mengatakan tergantung dari model yang diinginkan. Paling murah, mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 25 juta. Kemudian untuk AC bus juga tergantung dari mereknya, harganya pun beragam, mulai dari Rp 125 juta sampai Rp 240 jutaan.

“Sedangkan kalau mau tambah toilet dan smoking room, tambahan biayanya bisa Rp 30 jutaan,” kata Gerry.

Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22DOK. NEW ARMADA Bus baru dari Karoseri New Armada dengan nama Skylander R22

Jika dijumlahkan dengan harga sasis, satu unit bus tanpa kursi, AC, toilet dan smoking room, banderol bus HD mulai dari Rp 1,3 miliar dan bus model SHD mulai dari Rp 1,9 miliar.

Jika ditambah dengan bangku dan AC, setidaknya satu unit bus yang lengkap bisa dibanderol mulai Rp 2 miliar. Belum lagi jika fasilitas di kabinnya semakin canggih, seperti pakai AVOD, tentu akan lebih tinggi lagi harganya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.