Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rata-rata Konsumsi BBM All New Honda HR-V SE

Kompas.com - 18/05/2022, 18:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tampilan yang baru, sensasi mengendarai All New Honda HR-V juga berbeda dari sebelumnya. Mulai dari posisi duduk, sajian fitur yang disedikan, handling, sampai urusan performa.

Seperti diketahui, generasi kedua HR-V masih mengusung kubikasi mesin yang sama, yakni 1.500 cc. Hanya saja kali ini sudah DOHC yang sama dengan All New BR-V.

Dari sisi tenaga, ada kenaikan 1 tk dibandingkan mesin 1.500 cc sebelumnya, yakni menjadi 121 Ps atau 119.2 tk pada putaran 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Honda HR-V Versi Listrik Resmi Meluncur, Kapan Hadir di Indonesia?

Meski tipis bedanya, tapi dari pengalaman redaksi memang cukup responsif pada putaran bawah. Bahkan untuk menyentuh 100 kpj tak membutuhkan waktu lama.

Lantas bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Berdasarkan pemakaian All New HR-V SE selama beberapa hari, untuk perjalanan dalam kota dengan jarak hampir 60 kilometer (Km), rata-rata bahan bakar berdasarkan layar MID mencapai 8,5 Kpl.

Kondisi pengetesan untuk dalam kota bervariasi, mulai dari rute jalan nasional pada jam-jam sibuk antara pukul 16.00 WIB sampai 17.30 WIB sampai, sampai lintas jalan tol.

Pada kesempatan mengajak All New HR-V melintasi ruas tol BSD, konsumsi BBM sempat menyentuh 10 kpl.

Baca juga: Ulik Performa Mesin NA All New Honda HR-V

Konsumsi BBM All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/STANLY RAVEL Konsumsi BBM All New Honda HR-V SE

Sementara untuk pengetesan luar kota via Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju kawasan Purwarkata dengan jarak sekitar 136,8 Km, hasil rata-rata konsumsinya tembus hingga 18,7 Kpl dengan kecepatan sekitar 30-32 kpj.

Hasil tersebut redaksi dapatkan dengan kondisi jalan tol yang memang lenggang ketika pagi hari, gaya berkendara juga cenderung lebih santai.

Sementara untuk beban selama perjalanan, redaksi berisikan tiga orang penumpang dengan pendigin udara yang selalu aktif.

Baca juga: Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

Pada kesempatan tersebut, redaksi juga memanfaatkan salah satu fitur Honda Sensing, yakni Adaptive Cruise Control sehingga laju kendaraan bisa lebih konstan.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Tentunya hasil tersebut bisa berbeda dari masing-masing pengujian yang dilakukan, karena seperti diketahui, ada banya faktor yang mempengaruhi konsumsi selain dari gaya berkendara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com