Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Ban Mobil Bisa Benjol

Kompas.com - 18/05/2022, 19:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com — Ban mobil merupakan komponen penting agar kendaraan bisa melaju. Agar berkendara tetap aman, ban membutuhkan perawatan yang baik. Bila ban kurang terawat akan alami benjol pada bagian dinding.

Ban mobil yang benjol tidak bisa dianggap remeh karena akan mudah alami kempis. Hal ini tentunya akan mengganggu performa mobil.

Baca juga: All New Subaru Forester Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 579,5 Juta

“Ban yang kurang tekanan udaranya kemudian menabrak benda keras seperti batu, trotoar, dan lubang, akan menyebabkan dinding ban menekuk, tergencet antara pelek dan permukaan jalan secara tiba-tiba, lalu membuat benang di samping ban putus,” kata On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal belum lama ini pada Kompas.com.

Dengan kata lain, ban mobil benjol disebabkan oleh tekanan udara yang kurang. Saat ban dengan tekanan udara rendah menabrak benda padat, maka benang di dinding ban akan putus.

Ilustrasi ban mobilDok. Autoindustriya.com Ilustrasi ban mobil

Biasanya kondisi benjol tidak akan langsung muncul saat ban masih kekurangan tekanan udara. Akan tetapi saat ban diisi, udara akan mengisi rongga bekas benang yang putus dan terjadilah benjol yang nampak di dinding ban.

Ban benjol baru terlihat ketika ban diisi kembali dengan udara. Kalau ada benang samping yang putus, udara akan menekan bagian tersebut dan jika dilihat dari luar akan terlihat benjol bannya,” kata Zulpata.

Baca juga: Terjadi Lagi, Sekelompok Bocah Nekat Hadang Truk di Tengah Jalan

Menjaga tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan merupakan hal yang mudah namun sering diabaikan. Jika tekanan udaranya terlalu kurang, bisa menyebabkan ban benjol saat menabrak benda padat.

Sementara itu bila tekanan udara ban berlebihan akan membuat setir terlalu ringan sehingga keausan ban tidak merata. Oleh karena itu sebelum berkendara sebaiknya memeriksa tekanan udara pada ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com