Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persulit Aksi Maling, Kunci Setang Motor ke Arah Kanan

Kompas.com - 17/05/2022, 10:41 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah semakin canggih, kenyataannya sepeda motor sampai saat ini masih menjadi sasaran empuk pelaku pencurian. 

Saat motor parkir sembarangan tanpa ada tambahan pengaman, maling bisa sigap mengambil dalam waktu yang sangat singkat. 

Bahkan dengan alat-alat yang sederhana, layaknya kunci T, maling sudah bisa dengan mudah membongkar kontak lengkap dengan kunci setang bawaan pabrik. 

Karena itu, pemilik motor pun wajib makin waspada dan mengantisipasi terjadinya tindak pencurian tersebut.

Baca juga: Meski Kecil, tapi Jangan Sepelekan Fungsi Koil pada Motor

Nah, salah satu hal yang dipercaya bisa menghindari pencurian adalah mengunci motor dengan posisi setang menghadap ke kanan.

Pengendara menghindari maling dengan mengunci stang ke arah kanan- Pengendara menghindari maling dengan mengunci stang ke arah kanan

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan Asep Suherman mengatakan, motor yang kunci setangnya menghadap ke kanan bisa mengurangi risiko motor dibawa kabur maling.

"Posisi maling saat membobol (kunci motor) diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan, posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang geraknya," ujar Asep kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Motor Belakang Lebih Cepat Botak

Kondisi ini berbeda saat setang motor menghadap ke kiri, sehingga pencuri bisa leluasa untuk menjebol kunci kontak dan membawa kabur motor korbannya. 

Tangkapan layar video pencurian sepeda motor di kawasan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.Dokumentasi Pribadi Tangkapan layar video pencurian sepeda motor di kawasan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.

"Maling akan kesulitan karena biasanya dimensi kunci T lebih panjang dari kunci biasa. Biasanya, konsumen AHASS kami anjurkan mengunci setang ke arah kanan," ucapnya.

Meski terkesan sederhana dan sepele, Asep menilai cara tersebut sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya pencurian motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com