Kompas.com - 17/05/2022, 10:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah semakin canggih, kenyataannya sepeda motor sampai saat ini masih menjadi sasaran empuk pelaku pencurian. 

Saat motor parkir sembarangan tanpa ada tambahan pengaman, maling bisa sigap mengambil dalam waktu yang sangat singkat. 

Bahkan dengan alat-alat yang sederhana, layaknya kunci T, maling sudah bisa dengan mudah membongkar kontak lengkap dengan kunci setang bawaan pabrik. 

Karena itu, pemilik motor pun wajib makin waspada dan mengantisipasi terjadinya tindak pencurian tersebut.

Baca juga: Meski Kecil, tapi Jangan Sepelekan Fungsi Koil pada Motor

Nah, salah satu hal yang dipercaya bisa menghindari pencurian adalah mengunci motor dengan posisi setang menghadap ke kanan.

Pengendara menghindari maling dengan mengunci stang ke arah kanan- Pengendara menghindari maling dengan mengunci stang ke arah kanan

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan Asep Suherman mengatakan, motor yang kunci setangnya menghadap ke kanan bisa mengurangi risiko motor dibawa kabur maling.

"Posisi maling saat membobol (kunci motor) diperlukan tenaga dan ruang yang cukup. Jika setang menghadap ke kanan, posisi tersebut akan sangat mengganggu ruang geraknya," ujar Asep kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Motor Belakang Lebih Cepat Botak

Kondisi ini berbeda saat setang motor menghadap ke kiri, sehingga pencuri bisa leluasa untuk menjebol kunci kontak dan membawa kabur motor korbannya. 

Tangkapan layar video pencurian sepeda motor di kawasan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.Dokumentasi Pribadi Tangkapan layar video pencurian sepeda motor di kawasan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.

"Maling akan kesulitan karena biasanya dimensi kunci T lebih panjang dari kunci biasa. Biasanya, konsumen AHASS kami anjurkan mengunci setang ke arah kanan," ucapnya.

Meski terkesan sederhana dan sepele, Asep menilai cara tersebut sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya pencurian motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.