Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Anti Gerah Saat Naik Motor di Siang Hari

Kompas.com - 17/05/2022, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas kerap menjadi pantangan orang untuk naik sepeda motor. Sebab, hawa panas bisa langsung terasa ke badan.

Jika memang terpaksa berkendara di bawah cuaca yang panas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pakaian yang digunakan, cara berkendara, sampai bekal yang harus dibawa.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, agar tetap nyaman berkendara, pastikan untuk gunakan riding gear yang nyaman, terutama jaket.

Baca juga: Meski Kecil, tapi Jangan Sepelekan Fungsi Koil pada Motor

Berwisata naik motor di Yogyakarta.Astra Motor Yogyakarta Berwisata naik motor di Yogyakarta.

"Usahakan agar menggunakan jaket yang dapat melindungi tubuh dari cuaca panas, misalnya yang memiliki ventilasi udara yang cukup baik ke bagian tubuh serta dapat menyerap keringat," ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selanjutnya, yaitu pilih juga sarung tangan dengan bahan yang serupa dengan jaket. Sehingga fungsi melindungi tangan tetap ada namun ada rongga agar angin bisa masuk.

Perhatikan juga bahan baju dan celana yang digunakan. Soal warna tidak masalah, selama bahan yang digunakan nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Baca juga: Hidrogen Jadi Bahan Bakar Alternatif Mulai Dibahas Pemerintah

"Kemudian, pengendara bisa membawa air minum saat berkendara, jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi sehingga dapat mengurangi konsentrasi dan kelelahan saat berkendara," kata Agus.

Untuk cara berkendaranya, pastikan istirahat. Jika perjalanan jauh, usahakan ambil waktu istirahat setiap dua jam berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com