Michelin Dukung Ducati Atas Tuduhan Kecurangan di MotoGP Spanyol

Kompas.com - 12/05/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, kemenangan Francesco Bagnaia dipertanyakan oleh MotorSport Magazine. Disebutkan bahwa tekanan udara pada ban motornya tidak sesuai dengan regulasi.

Dalam hal ini, Michelin tidak berhubungan langsung. Sebab, tugasnya hanya memasok ban untuk setiap tim. Namun, tetap ada teknisi di tiap tim yang siap membantu.

Baca juga: Ducati Bantah Tuduhan Kemenangan Bagnaia Disebut Ilegal

Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso, mengatakan, data pada ban yang digunakan Bagnaia memang asli, tapi bisa dijelaskan.

Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia saat menjalani kualifikasi MotoGP Spanyol 2022 di Sirkuit Jerez, Sabtu (30/4/2022). aFP/JAVIER SORIANO Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia saat menjalani kualifikasi MotoGP Spanyol 2022 di Sirkuit Jerez, Sabtu (30/4/2022).

"Michelin memasok ban untuk semua peserta MotoGP dan menyarankan tekanan minimum untuk tetap diperhatikan. Lalu, MSMA, IRTA, dan Dorna memutuskan untuk bekerja sama tahun ini dengan berbagi data ke semua pebalap," ujar Taramasso, dikutip dari Gpone.com, Kamis (12/5/2022).

Langkah tersebut diambil agar tahun depan bisa menggunakan sensor yang sama dengan toleransi yang sama. Sebab, tahun ini, tiap tim menggunakan sensor yang berbeda pada ban transmisinya terbuka. Jadi, setiap orang bisa memodifikasi datanya.

Baca juga: Hasil MotoGP Spanyol 2022: Bagnaia Juara, Aleix Asapi Miller & Marquez

"Tim mengerti nilai mana yang perlu diperhatikan dan mereka juga tahu mereka tidak bisa bermain-main dengan tekanan udara ban, karean konsekuensinya adalah bencana. Tidak ada yang berani melaju dengan tekanan udara rendah dari yang kami sarankan," kata Taramasso.

Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco bagnaia memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).GARRY LOTULUNG Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco bagnaia memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Saat ditanya apakah ada kecurangan, menurut Taramasso, setiap tim paham jika menurunkan tekanan udara ban hingga rendah dapat membuat ban tidak bekerja dengan optimal.

"Mungkin ada beberapa yang berada di limit, tapi semua mendekati angka yang kami sarankan. Seperti yang sudah disebutkan, data tersebut dibagikan ke semua tim dan tidak ada yang menggunakan tekanan yang lebih rendah," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.