Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Sudah Balik, Kondisi Lalu Lintas Jakarta Kembali Normal

Kompas.com - 12/05/2022, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pemudik Lebaran 2022 diprediksi telah kembali ke Ibu Kota. Kondisi arus lalu lintas di Jakarta pun sudah kembali padat sejak awal pekan ini.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

“Dibanding saat arus mudik memang meningkat, data menunjukkan bahwa sudah hampir semua pemudik sudah kembali ke Jakarta,” ujar Sambodo, dalam keterangan resmi, Rabu (11/5/2022).

Data dari pengelola jalan tol maupun transportasi menunjukkan gambaran yang sama. PT Jasa Marga Tbk mencatat 1.295.930 kendaraan telah kembali ke wilayah Jabotabek pada H+2 sampai dengan H+5 Idul Fitri pada Selasa-Minggu, 3-8 Mei 2022.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah Trans Jawa dan Bandung.

Baca juga: Diskon Motor Sport 250cc di Diler Resmi per Mei 2022

“Kita bisa lihat di jalanan Ibu Kota, Senin, Selasa kemarin memang sudah mulai ada peningkatan dan terjadi kepadatan terutama pada di peak hour, pagi dan sore hari,” kata Sambodo.

Seorang anggota polisi sedang mengatur kendaraan di bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021) menyusul pemberlakuan sistem ganjil genap di kawasan Puncak hari ini.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Seorang anggota polisi sedang mengatur kendaraan di bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021) menyusul pemberlakuan sistem ganjil genap di kawasan Puncak hari ini.

Seiring dengan kondisi lalu lintas yang mulai normal di DKI Jakarta, Sambodo mengingatkan kepada para pengendara bahwa kebijakan ganjil genap di 13 ruas jalan ibu kota kembali berlaku. Penerapan ganjil genap ini akan diikuti dengan sanksi tilang.

Sudah penilangan, di Pergub nya jelas ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Ketika libur nasional berakhir dan sudah mulai kerja lagi kemarin tanggal 9 kita sudah aktifkan lagi ganjil genap full,” ujar dia.

Baca juga: Cek Diskon Skutik 110-125 cc Bulan Ini, Ada yang Tembus Rp 1,3 Juta

Berikut 13 titik lokasi Ganjil Genap di Jakarta :
1. Jalan MH Thamrin
2. Jalan HR Rasuna Said
3. Jalan Jendral Sudirman
4. Jalan MT. Haryono
5. Jalan Panglima Polim
6. Jalan Sisingamangaraja
7. Jalan Gunung Sahari
8. Jalan Gatot Subroto
9. Jalan Fatmawati
10. Jalan Tomang Raya
11. Jalan Ahmad Yani
12. Jalan DI. Panjaitan
13. Jalan S. Parman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com