Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Anti-Nyasar Naik Motor Sambil Baca Maps

Kompas.com - 03/05/2022, 18:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor memang menjadi salah satu cara orang Indonesia untuk mudik. Selain mudah, motornya bisa digunakan untuk bertualang di kampung halaman.

Bertualang dengan motor di daerah baru saat ini sudah semakin mudah karena sudah ada aplikasi navigasi atau Google Maps. Aplikasi tinggal dibuka di smartphone, tentukan tujuan dan ikuti arahannya.

Namun tidak jarang ketika berkendara sambil melihat maps di smartphone, malah tersasar. Padahal arahnya sudah jelas bahkan diberi tahu berapa meter lagi arahan yang selanjutnya.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Angka pada Anak Kunci Motor

Ilustrasi cara melihat jalan macet di Google Maps dan WazeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara melihat jalan macet di Google Maps dan Waze

Lalu bagaimana tips bagi para pengendara motor yang mau bertualang sambil menggunakan maps di telepon genggam?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani megnatakan, saat membaca maps, pengendara motor tetap harus memperhatikan keadaan jalan di sekitar dan bukan sepenuhnya mengikuti arahan dari maps.

"Dalam membaca maps, sebaiknya pengendara juga harus memperhatikan rute yang dilaluinya. Jangan sampai salah arah atau salah tujuan. Jadi, sebaiknya pelajari dulu rute yang akan dilalui," ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hyundai Diam-diam Luncurkan Santa Fe CKD, Fitur Berkurang Harga Sama

Ketika melihat kondisi sekitar, pengendara bisa antisipasi dengan memperlambat kecepatan atau berbalik arah, jika diarahkan ke rute yang salah atau bahkan bukan jalur untuk kendaraan roda dua.

"Jangan juga saat kita berkendara, perhatian kita justru tertuju pada layar handphone, walaupun handphone tersebut telah ditempatkan di dasbor motor kita. Karena, pandangan kita saat berkendara harus selalu melihat jauh ke depan untuk mencari informasi jalan yang akan kita lalui," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com