Tim Satelit Yamaha RNF Ingin Merapat ke Aprilia

Kompas.com - 03/05/2022, 15:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai GP Jerez, Spanyol, banyak rumors yang muncul ke permukaan. Pertama ialah Suzuki bakal hengkang dari MotoGP, dan kedua tim satelit RNF merapat ke Aprilia.

Seperti diketahui saat ini tim RNF merupakan tim satelit pabrikan Jepang WithU Yamaha RNF. Tapi dikabarkan tim yang dikomandoi Razlan Razali tersebut tertarik jadi tim satelit Aprilia.

Tim RNF ditengarai kurang puas dengan performa motor Yamaha M1 2022. Dua pebalapnya yaitu Andrea Dovizioso dan Darryn Binder belum menunjukkan performa yang baik sejak awal musim.

Baca juga: Mudik 2022, Ada Dua Masalah Utama pada Arus Lalu Lintas Menurut BPJT

Pebalap Italia, Andrea Dovizioso, dan rookie Darryn Binder berpose bersama motor baru WithU Yamaha RNF Team pada peluncuran tim di Verona, Senin (24/1/2022)WITHU YAMAHA RNF TEAM Pebalap Italia, Andrea Dovizioso, dan rookie Darryn Binder berpose bersama motor baru WithU Yamaha RNF Team pada peluncuran tim di Verona, Senin (24/1/2022)

Di sisi lain dari empat pebalap Yamaha di lintasan, hanya pebalap tim pabrikan Fabio Quartararo yang bisa melaju kencang. Itu pun dikritik keras karena top speed lemah.

Mengutip Tuttomotoriweb.it, kontrak RNF dengan Yamaha akan habis pada akhir 2022. Karena itu hal ini bisa jadi kesempatan bagus jika memang Aprilia tertarik punya tim satelit.

Apalagi merek asal Italia itu sedang naik daun, di mana Aleix Espargaro berhasil juara di GP Argentina. Aprilia membuktikan bahwa motor Aprilia RS-GP mampu bersaing dengan motor lain.

Baca juga: Tips Merawat Rem Tangan Sebelum Dibawa Libur Lebaran

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Adapun CEO Aprilia Massimo Rivola tidak menolak ide membuka kemungkinan pembentukan tim satelit agar ada lebih banyak motor Aprilia RS-GP di trek.

"Jika kami menerima permintaan menarik yang memungkinkan proyek berkembang, kami akan mengevaluasinya," kata Rivola.

Sebab hal ini sebetulnya sesuai dengan ide CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, di mana MotoGP memiliki enam pabrikan dengan masing-masing punya tim satelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.