Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Rem Tangan Sebelum Dibawa Libur Lebaran

Kompas.com - 02/05/2022, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur lebaran, kondisi mobil juga perlu diperhatikan. Apalagi jika nantinya mau dibawa ke tempat wisata selama di kampung halaman.

Salah satu komponen yang harus diperiksa adalah rem tangan. Walaupun jarang digunakan ketika mobil bergerak, rem tangan juga punya peran penting, apalagi ketika kondisi macet di jalanan yang menanjak.

Selain itu, rem tangan juga penting fungsinya saat mobil parkir. Jangan sampai ada cerita mobil bergerak karena rem tangan kurang pakem dan malah membuat kerusakan.

Baca juga: Biar Aman Saat Mudik, Jangan Cuek dengan Fungsi Rem Mobil

Ilustrasi tuas rem tanganStanly/KompasOtomotif Ilustrasi tuas rem tangan

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, menjelaskan, pada dasarnya rem tangan adalah bagian sistem pengereman. Jadi hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi kampas remnya.

"Handbrake itu kan juga kampas rem yang menahan, pasti lama-kelamaan juga akan habis juga," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seiring berjalannya waktu, kampas rem tentu akan semakin menipis. Walaupun pengurangannya tidak sebesar kampas rem depan yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Pole Position Pertama Kali


"Kalau rem biasa kan menahan beban mobil pada saat jalan, kalau handbrake kan hanya menahan mobil saat diam. Jadi kampas remnya tidak terlalu boros," kata dia.

Untuk merawatnya, pemilik harus rutin melakukan penyetelan jika dirasa rem tangan kurang pakem. Kalau hal ini diabaikan, bisa saja mobil bergerak ketika sedang parkir karena terkena dorongan atau tetap mundur ketika berada di tanjakan.

"Cuma itu nanti karena dipakai terus-menerus juga akan ada perenggangan dari kabel dan segala macam, terkadang harus di-adjust atau disetel kembali. Kalau sudah tidak terlalu pakem, ya tinggal disetel lagi," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com