Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur lebaran, kondisi mobil juga perlu diperhatikan. Apalagi jika nantinya mau dibawa ke tempat wisata selama di kampung halaman.

Salah satu komponen yang harus diperiksa adalah rem tangan. Walaupun jarang digunakan ketika mobil bergerak, rem tangan juga punya peran penting, apalagi ketika kondisi macet di jalanan yang menanjak.

Selain itu, rem tangan juga penting fungsinya saat mobil parkir. Jangan sampai ada cerita mobil bergerak karena rem tangan kurang pakem dan malah membuat kerusakan.

Baca juga: Biar Aman Saat Mudik, Jangan Cuek dengan Fungsi Rem Mobil

Ilustrasi tuas rem tanganStanly/KompasOtomotif Ilustrasi tuas rem tangan

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, menjelaskan, pada dasarnya rem tangan adalah bagian sistem pengereman. Jadi hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi kampas remnya.

"Handbrake itu kan juga kampas rem yang menahan, pasti lama-kelamaan juga akan habis juga," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seiring berjalannya waktu, kampas rem tentu akan semakin menipis. Walaupun pengurangannya tidak sebesar kampas rem depan yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2022, Bagnaia Pole Position Pertama Kali


"Kalau rem biasa kan menahan beban mobil pada saat jalan, kalau handbrake kan hanya menahan mobil saat diam. Jadi kampas remnya tidak terlalu boros," kata dia.

Untuk merawatnya, pemilik harus rutin melakukan penyetelan jika dirasa rem tangan kurang pakem. Kalau hal ini diabaikan, bisa saja mobil bergerak ketika sedang parkir karena terkena dorongan atau tetap mundur ketika berada di tanjakan.

"Cuma itu nanti karena dipakai terus-menerus juga akan ada perenggangan dari kabel dan segala macam, terkadang harus di-adjust atau disetel kembali. Kalau sudah tidak terlalu pakem, ya tinggal disetel lagi," ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.