Kompas.com - 03/05/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap di jalur ke wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, pada Selasa (3/5/2022) ini guna menekan kepadatan mobilitas masyarakat.

Pemeriksaan pembatasan kendaraan tersebut akan dilakukan di Simpang Gadog. Hanya saja, pemberlakuannya situasional atau tergantung pada kondisi di lapangan.

"Kita lihat peningkatan arus kendaraan ya, besok pagi kita berlakukan lagi ganjil genap untuk kendaraan menuju ke kawasan Puncak, diberlakukan mulai pagi hari," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Senin (2/5/2022).

Baca juga: 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Sampai H-1 Lebaran

Penampakan arus lalu lintas di Puncak Pass Bogor sampai Masjid Atta'Awun mengalami kemacetan sekitsr pukul 13.42 WIB, Minggu (21/6/2020)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Penampakan arus lalu lintas di Puncak Pass Bogor sampai Masjid Atta'Awun mengalami kemacetan sekitsr pukul 13.42 WIB, Minggu (21/6/2020)

Dia mengatakan, ganjil genap ditujukan untuk mencegah kemacetan lalu lintas di kawasan Puncak. Kendaraan yang pelatnya tidak sesuai tanggal ganjil atau genap akan diputar balik ke daerah asal.

"Kita tetap putar balik kalau tidak sesuai dengan aturan ganjil genap, kecuali kendaraan-kendaraan yang sudah dikecualikan ya," kata Ketut.

Sebelumnya, Polres Bogor tidak memberlakukan one way ataupun ganjil genap di jalur Puncak pada hari pertama Lebaran ini.

Polisi mengatakan, ganjil genap tidak diterapkan demi mempermudah masyarakat beraktivitas pada hari pertama Lebaran.

Baca juga: Membawa Hewan Peliharaan Saat Mudik, Perhatikan Hal Ini

"Saat ini arusnya memang ada peningkatan dan terus kita juga tidak melakukan rekayasa lalu lintas. Karena banyak masyarakat Puncak ini kan pada silaturahmi," ucap Ketut.

"Jadi kita hari ini prioritaskan dulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahmi ke keluarganya masing-masing di kawasan Puncak," ujar dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.