Kompas.com - 30/04/2022, 00:38 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mengurai kepadatan kendaraan para pemudik, Polisi memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di tol Cikampek KM 47 sampai tol Kalikangkung KM 414.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko mengatakan, skema satu arah bakal berlaku hingga Sabtu (30/4) pagi pukul 08.00 WIB, sebagai rekayasa lalu lintas arus mudik Lebaran 2022.

Pada mulanya, jadwal sistem one way diberlakukan pada hari Jumat mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Baca juga: Video Viral Petugas SPBU Dianiaya Dua Orang karena Tidak Dilayani

Kebijakan one way dalam rangka antisipasi arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek berakhir pada Jumat (29/4/2022)PT Jasa Marga Kebijakan one way dalam rangka antisipasi arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek berakhir pada Jumat (29/4/2022)

Namun, dengan mempertimbangkan jumlah kendaraan yang bergerak keluar dan masuk tol masih cukup tinggi, maka Polri mengambil diskresi dengan memperpanjang waktu pemberlakuan one way.

"Pertimbangan dilakukannya perubahan rekayasa one way dari sekarang sampai besok pagi (Sabtu), kami melihat rekapitulasi kendaraan yang melalui jalur tol,” ucap Gatot, disitat dari Antara (29/4/2022).

“Di situ terlihat ada beberapa waktu atau jam yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas," kata dia.

Baca juga: 29 April, Ganjil Genap dan One Way Dibuka Mulai Pukul 07.00 WIB

Gatot juga menyebutkan, berdasarkan data Jasa Marga, terdapat sekitar 30 persen lebih kendaraan yang belum bergerak.

Sehingga untuk mencegah terjadinya kemacetan, maka polisi memperpanjang pemberlakuan sistem one way hingga Sabtu pagi. Sebab, Polri memprediksi puncak arus mudik masih terjadi pada hari tersebut.

Oleh karena itu, normalisasi arus lalu lintas di ruas jalan tol Km 47 sampai Km 414 Tol Kalikangkung rencananya akan diberlakukan mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada Sabtu (30/4/2022).

"Karena kalau tidak dilakukan one way akan terjadi stuck, artinya semua kendaraan berbagai kendaraan pasti tidak bisa bergerak karena per jam itu jalur tol ada kapasitas kendaraan yang bisa melintas," ucap Gatot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.