Kompas.com - 29/04/2022, 04:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk hari kedua puncak arus mudik Lebaran pada 29 April 2022, kepolisian akan kembali menggelar rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap.

Sesuai tanggal, hari ini giliran mobil dengan akhiran nomor pelat ganjil yang bebas melintas untuk mudik pulang kampung via Tol Trans-Jawa.

Berdasarkan informasi jadwal dari akun Instagram @tmcplodammetro, titik lokasi pelaksanaannya masih sama, yakni dari Kilometer (Km) 47 Tol Jakarta Cikampek sampai Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Namun demikian, untuk waktu penerapannya berbeda. Bila 28 April dari pukul 17.00 WIB, hari ini dilakukan sejak pagi hari, yaitu dari pukul 07.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mengalami Kondisi Darurat di Jalan Tol

Persiapan penerapan one way di jalan tol Km 268KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Persiapan penerapan one way di jalan tol Km 268

Penting bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk menyesuaikan pelat nomor kendaraan dengan tanggal keberangkatan, khususnya yang ingin mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kasubditwal PJR dan Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Juni mengatakan, masyarakat sebaiknya melakukan pengecekan kembali aturan jadwal penerapan one way dan ganjil genap saat arus mudik lebaran.

Kepolisian juga akan melakukan filterisasi pelat mobil ganjil genap yang akan memasuki ruas Tol Jakarta-Cikampek dari beberapa pintu.

Baca juga: Tujuh Gerbang Tol yang Jadi Filter Ganjil Genap Arus Mudik

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

 

"Harapannya kita, masyarakat ya ikut patuh. Sehingga terjadi ketertiban di jalan," kata Juni disitat dari Korlantas.polro.go.id, Kamis (28/4/2022).

Bila pelat nomor tidak sesuai, risikonya pemudik akan diminta untuk pulang kampung melalui jalur alternatif atau arteri.

Mulai Membeludak

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, sudah mencatat adanya peningkatan volume kendaraan pemudik. Khusus mengarah ke Trans-Jawa cukup mendominasi dengan jumlah 287.814 kendaraan, naik 47,1 persen dari kondisi normal.

Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga menimbau, agar pemudik memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan bahan bakar kendaraan, lantaran akan ada rekayasa buka tutup rest area.

Baca juga: Hasil Evaluasi, Kepadatan di Tol Cikampek Imbas Rest Area Cipali

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

"Jika rest area penuh maka akan dilakukan buka tutup oleh pihak Kepolisian. Jika rest area ditutup, kami mohon pengguna jalan tidak parkir di bahu jalan untuk mengakses rest area karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain serta mengganggu fungsi bahu jalan," ucap Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.