Polisi Siapkan Skema One Way di Jalur Mudik Bandung-Tasikmalaya

Kompas.com - 28/04/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Meningkatnya volume kendaraan di sejumlah titik, membuat polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar arus kendaraan pada mudik Lebaran 2022.

Seperti Kepolisian Resor Garut yang memberlakukan sistem satu arah (one way) di jalur nasional Jawa Barat (Jabar) selatan lintas Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut.

Undang Syarif Hidayat, Kasat Lantas Polres Garut mengatakan, jajarannya memberlakukan sistem satu arah dari arah Bandung menuju Tasikmalaya selama 15 menit untuk mengurai kemacetan di jalur Limbangan dan Malangbong.

Baca juga: Tujuh Gerbang Tol yang Jadi Filter Ganjil Genap Arus Mudik

H-6 lebaran 2022 arus lalu lintas di Nagreg Kabupaten Bandung terpantau normal, meski demikian H-7 di Nagreg sempat mengalami peningkatan yang didominasi roda 2KOMPAS.com/ M ELGANA MUBAROKAH H-6 lebaran 2022 arus lalu lintas di Nagreg Kabupaten Bandung terpantau normal, meski demikian H-7 di Nagreg sempat mengalami peningkatan yang didominasi roda 2

"Untuk saat ini baru satu kali melaksanakan 'one way' kurang lebih hanya 15 menit, dipandang efektif untuk mengurangi kepadatan di Limbangan," kata Undang, dilansir dari Antara (28/4/2022).

Ia menjelaskan sistem satu arah itu diberlakukan secara situasional yang diprioritaskan di jalur mudik nasional dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Menurutnya, pemberlakuan satu arah dalam waktu tertentu itu cukup efektif mengatasi kemacetan di titik-titik rawan kemacetan seperti di Pasar Limbangan.

Baca juga: Rencana Tesla Bukan Produksi Mobil Listrik, tapi Baterai di Indonesia

"One way dilakukan secara situasional dilihat daripada kepadatan kendaraan, kita prioritaskan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Tasik, dalam rangka arus mudik," ucap Undang.

Ia menyampaikan pada H-5 Lebaran atau pada Rabu (27/4) malam, volume kendaraan roda dua maupun empat di jalur nasional Limbangan telah menunjukkan peningkatan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Kondisi lalu lintas di jalur nasional Limbangan yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung, hingga Malangbong yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dalam kondisi masih bisa diatasi sehingga tidak terjadi kemacetan panjang.

"Untuk masalah jalur masih bisa kita atasi dan tidak ada kemacetan," ujar Undang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.