Gerbang Tol Merak dan Cikupa Dibuka-Tutup untuk Kendalikan Kepadatan

Kompas.com - 28/04/2022, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak, Banten terpantau mengalami lonjakan signifikan pada H-4 lebaran 2022.

Dikutip dari Kompas Regional, antrean kendaraan yang mau masuk ke Pelabuhan Merak mencapai enam kilometer. Penyebabnya adalah karena Polisi melakukan sistem buka tutup di Jalan Cikuasa Atas, Pulomerak, Cilegon.

Bahkan untuk kendaraan yang daran dari arah Jakarta diarahkan untuk keluar dari Gerbang Tol Serang Barat bagi yang mau ke Pelabuhan Merak.

Baca juga: Pelabuhan Merak Ramai Saat Malam, Ini Rekomendasi Menhub


Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandala Sakti Uswatun Hasanah mengatakan, antrean kendaraan dari Pelabuhan Merak sampai masuk tol Tangerang-Merak.

"Antrean panjang di Pelabuhan Merak, yang mengakibatkan ekor antrean kendaraan sampai memasuki Tol Merak mulai Rabu (27/4/2022) jam 23.55 WIB," kata Uswatun.

Uswatun menjelaskan, panjang antrean di dalam tol pada Kamis (28/4/2022) pukul 03.27 sampai dengan km 93. Namun, pada pukul 04.30 mulai menyusut ke km 96.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Selama Libur Lebaran 2022

Pengelola Tol Tangerang Merak terus berkoordinasi dengan PT ASDP Merak dan kepolisian untuk pengoptimalan kantong-kantong parkir di Pelabuhan dan Cikuasa Atas.

Namun tercatat pada pukul 05.00 WIB lalu lintas tidak bergerak sama sekali setelah transaksi di GT Merak. Kemudian pukul 06.00 WIB dilakukan buka tutup GT Merak dan Cikupa.

Gerbang Tol Merak diprediksi akan menjadi titik kemacetan saat arus mudik lebaran 2022KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Gerbang Tol Merak diprediksi akan menjadi titik kemacetan saat arus mudik lebaran 2022

"Dilakukan diskresi pengaturan arus lalin oleh kepolisian, buka tutup GT Merak, juga di Cikupa arah merak," ujar Uswatun.

Berdasarkan data, volume kendaraan pada periode II dan III yang keluar dari GT Merak fluktuatif di 700-900 kendaraan per jam. Jumlah tersebut cenderung meningkat dari rata-rata trafik normal per jam di GT Merak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.