Uji Coba Ganjil Genap Mudik 2022, Pelanggar Tetap Dikeluarkan dari Ruas Tol

Kompas.com - 25/04/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan uji coba ganjil genap pada periode mudik Lebaran tahun ini di Tol Jakarta-Cikampek (Km 47 sampai Km 70), mulai diterapkan pada Senin (25/5/2022).

Langkah tersebut diambil dari hasil kesepakatan Korlantas Polri, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, BPJT, Kementerian PUPR, serta BUJT demi keselamatan, keamanan, dan kelancaran mudik.

Kabag Ops Korlantas Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, sistem terkait akan mulai berlaku pukul 11.00-13.00 WIB tanpa penilangan. Apabila terjadi kepadatan, petugas akan melakukan contra flow.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Majalengka Jelang Lebaran 2022

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

"Tapi kita mengajak masyarakat untuk tidak melanggar, yang tak sesuai silahkan melalui jalan arteri," katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin.

"Nanti akan diarahkan anggota untuk dialihkan ke jalur arteri," tambah Eddy.

Artinya, meskipun masih tahap uji coba pihak Korlantas Polri langsung menindak tegas para pemudik agar tidak melanggar kebijakan ataupun diskresi lalu lintas yang ada.

Pelaksanaan kebijakan tanpa tilang ini pun sesuai imbauan Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, di mana penindakan petugas di lapangan selama periode mudik Lebaran 2022 mengedepankan sisi humanis.

Hanya saja, untuk kepentingan bersama, seluruh pelanggar dikenakan sanksi demi kondisi lalu lintas yang nyaman, aman, serta lancar. Salah satunya dikeluarkan dari ruas tol bersangkutan di GT terdekat.

Kami tidak ingin memposisikan sebagai yang melakukan penindakan hukuman selama kegiatan ini dilaksanakan," ujar dia, dikutip Jumat (22/6/2022).

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Yogyakarta Jelang Lebaran 2022

Ilustrasi mudik dengan mobil pribadikompasiana.com Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi

"Jadi saya tidak akan mengatakan saya apakan (bagi yang melanggar). Tapi kalau masyarakat yang melanggar lalu dapatkan sanksi tentunya ini tidak kita harapkan. Jadi mari kita patuhi saja khususnya gage," lanjut Firman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.