Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Lalu Lintas di Majalengka Jelang Lebaran 2022

Kompas.com - 25/04/2022, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit kendaraan yang diprediksi akan melakukan mudik ke arah Majalengka. Rekayasa lalu lintas juga sudah dipersiapkan oleh pihak kepolisian jelang Lebaran 2022.

Rekayasa lalu lintas akan digelar di pasar dan Prapatan Kadipaten, serta di Pasar Tumpah perempatan Panjalin, Kecamatan Sumberjaya.

Baca juga: Sebelum Mudik, Jangan Sepelekan Ritual Pengecekan Tekanan Udara

Kasatlantas Polres Majalengka Ajun Kompol AKP Ngadiman, mengatakan, di Prapatan Kadipaten, pemudik yang datang dari arah Bandung melalui Sumedang menuju Cirebon akan dibelokkan ke arah Ciputis dan kembali ke jalur Kadipaten-Cirebon.

Pasar tumpah Cepiring di Jalan raya Cepiring Kendal. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATINKOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pasar tumpah Cepiring di Jalan raya Cepiring Kendal. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN

"Sedangkan dari arah sebaliknya, Cirebon menuju ke Bandung, akan dibelokkan ke jalur Majalengka melalui Pasar Kadipaten. Kemudian, putar arah kembali menuju jalur Sumedang dan selanjutnya menuju Bandung," ujar Ngadiman, dikutip dari Antaranews.com, Senin (25/4/2022).

Ngadiman menambahkan, untuk rekayasa lalu lintas di depan pasar tumpah perempatan Panjalin, pemudik dari arah Bandung menujur ke Cirebon dibuat satu arah. Sementara dari arah sebaliknya, akan dibelokkan ke arah Leuwimunding dan Rajagaluh.

Baca juga: Sebelum Berangkat, Pastikan Rencana Perjalanan Mudik Matang

"Tepatnya di depan pasar tersebut, kami buat satu arah dan kami kanalisasi. Sehingga, nantinya dapat meminimalisasi kemacetan di depan Pasar Panjalin," kata Ngadiman.

Selain Majalengka, pihak kepolisian di daerah lainnya juga sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas pada beberapa titik yang kerap terjadi kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com