Kompas.com - 25/04/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit kendaraan yang diprediksi akan melakukan mudik ke arah Majalengka. Rekayasa lalu lintas juga sudah dipersiapkan oleh pihak kepolisian jelang Lebaran 2022.

Rekayasa lalu lintas akan digelar di pasar dan Prapatan Kadipaten, serta di Pasar Tumpah perempatan Panjalin, Kecamatan Sumberjaya.

Baca juga: Sebelum Mudik, Jangan Sepelekan Ritual Pengecekan Tekanan Udara

Kasatlantas Polres Majalengka Ajun Kompol AKP Ngadiman, mengatakan, di Prapatan Kadipaten, pemudik yang datang dari arah Bandung melalui Sumedang menuju Cirebon akan dibelokkan ke arah Ciputis dan kembali ke jalur Kadipaten-Cirebon.

Pasar tumpah Cepiring di Jalan raya Cepiring Kendal. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATINKOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Pasar tumpah Cepiring di Jalan raya Cepiring Kendal. KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN

"Sedangkan dari arah sebaliknya, Cirebon menuju ke Bandung, akan dibelokkan ke jalur Majalengka melalui Pasar Kadipaten. Kemudian, putar arah kembali menuju jalur Sumedang dan selanjutnya menuju Bandung," ujar Ngadiman, dikutip dari Antaranews.com, Senin (25/4/2022).

Ngadiman menambahkan, untuk rekayasa lalu lintas di depan pasar tumpah perempatan Panjalin, pemudik dari arah Bandung menujur ke Cirebon dibuat satu arah. Sementara dari arah sebaliknya, akan dibelokkan ke arah Leuwimunding dan Rajagaluh.

Baca juga: Sebelum Berangkat, Pastikan Rencana Perjalanan Mudik Matang

"Tepatnya di depan pasar tersebut, kami buat satu arah dan kami kanalisasi. Sehingga, nantinya dapat meminimalisasi kemacetan di depan Pasar Panjalin," kata Ngadiman.

Selain Majalengka, pihak kepolisian di daerah lainnya juga sudah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas pada beberapa titik yang kerap terjadi kemacetan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.