Kompas.com - 25/04/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan dari Mudik Lebaran 2022 diprediksi juga terjadi pada Jalur Gilimanuk, Bali. Pihak Kepolisian Resor (Polres) Jembrana juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Gilimanuk.

Pelabuhan tersebut akan menjadi titik lokasi berkumpulnya para pemudik yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, ke Pelabuhan Ketapang, Jawa.

Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana, mengatakan, pihaknya bakal menggunakan jalan di kawasan permukiman warga di Kelurahan Gilimanuk sebagai manuver kendaraan kecil yang menuju ke pelabuhan.

Baca juga: Mau Mudik, Jangan Tunda Ganti Oli Mobil Bila Sudah Waktunya

Penggunaan akses menuju pelabuhan ini dimaksudkan untuk memecah konsentrasi. Diharapkan arus kendaraan tidak hanya menumpuk di satu jalur saja.

Pemudik dengan sepeda motor memadati lapangan parkir Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali (1/6/2019) Malam. PT ASDP memprediksi, puncak arus mudik dari Bali menuju Pulau Jawa melalui jalur penyeberangan pelabuhan Gilimanuk-Ketapang terjadi pada H-4  hingga H-2 Lebaran terutama saat sore dan malam hari.ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA Pemudik dengan sepeda motor memadati lapangan parkir Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali (1/6/2019) Malam. PT ASDP memprediksi, puncak arus mudik dari Bali menuju Pulau Jawa melalui jalur penyeberangan pelabuhan Gilimanuk-Ketapang terjadi pada H-4 hingga H-2 Lebaran terutama saat sore dan malam hari.

"Rekayasa arus akan dilakukan di wilayah Gilimanuk dengan memanfaatkan jalur dalam sebelah Terminal Kargo untuk mengurai kepadatan," ujar Juliana, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Juliana, dengan memanfaatkan jalan di pemukiman warga, kendaraan yang antre menuju Pelabuhan Gilimanuk juga bisa dipisahkan berdasarkan jenisnya.

Baca juga: Sebelum Mudik, Jangan Sepelekan Ritual Pengecekan Tekanan Udara

Polres Jembrana juga akan menyiapkan beberapa pos pemeriksaan di sepanjang Jalur Gilimanuk, agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Badung terkait keberangkatan para pemudik dari Terminal Mengwi, Kabupaten Badung.

"Agar penumpang yang berangkat dari sana dipastikan sudah divaksin dan dicek kelengkapan persyaratan perjalanannya," katanya. Sehingga, para penumpang tiba di Pelabuhan Gilimanuk sudah diperiksa di daerahnya masing-masing," kata Juliana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.