Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Macet Arus Mudik di Cipali, Rupanya Video Lama di Jagorawi

Kompas.com - 25/04/2022, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak arus mudik Lebaran diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022. Meski begitu, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan kemacetan cukup panjang baru-baru ini.

Dilansir dari TikTok @princesss.all.shop (25/4/2022), terlihat sebuah kemacetan yang hanya terjadi pada satu arah, sementara arah sebaliknya ramai lancar.

Namun akun tersebut langsung mengklarifikasi bahwa video tersebut merupakan video lama. Pasalnya, video tersebut memancing perbincangan warganet terkait penanganan pemerintah dalam mudik tahun ini.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2022: Quartararo Juara, Drama Tabrakan Mir dan Miller

@princess.all.shop Balas @trending_medsos ? suara asli - Princess.all.shop.bogor

Ini video & suara saya!!! Kalau mau ambil atau bajak video dipergunakan yang benar dan jangan bikin caption bohong! Ini bukan Cipali tapi Sentul Bogor!,” tulis keterangan video tersebut.

Menanggapi hal ini, Corporate Communication and Community Development Group Head Dwimawan Heru Santoso mengatakan, video itu bukanlah kemacetan arus mudik Idul Fitri 1443 H.

”Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022,” ujar Heru, dalam keterangan tertulis (25/4/2022).

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai GP Portugal, Quartararo Teratas

Menurutnya, pada saat itu terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta.

Hal ini berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi. Di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

”Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi Kepolisian, saat itu memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17-Km 8 (Cimanggis s.d Pasar Rebo),” kata Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com