Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Uji Coba, Kapan Motor Listrik Yamaha E01 Mulai Dijual?

Kompas.com - 22/04/2022, 19:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal melakukan test market motor listrik E01 pada semester kedua tahun ini. Rencananya sebanyak 20 unit E01 bakal didatangkan dari Jepang untuk menjalani uji coba.

Test market E01 ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait pengembangan kendaraan berbasis listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Spek Skutik Listrik Yamaha E01, Torsi Lebih Besar dari XMAX

Lantas, kapan motor listrik E01 mulai dijual? Presiden Direktur dan CEO PT YIMM Minoru Morimoto mengatakan, pihaknya belum berencana menjual motor listrik ini.

Motor listrik Yamaha E01Kompas.com/Dio Motor listrik Yamaha E01

"Sayangnya, kami belum menjual model EV di Indonesia, namun kami telah melakukan test market dengan E-Vino. Dan kami perkenalkan juga E01 di IIMS 2022 untuk melihat peluang terkait model ini," ujar Morimoto di Jakarta (22/4/2022).

Morimoto juga mengatakan, pihaknya sangat senang melihat respon serta antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap Yamaha E01.

Baca juga: Pembuktian Skuter Listrik Yamaha E01 Bakal Dilakukan di Indonesia

"Dan untuk menjawab rasa penasaran tersebut, hari ini Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan untuk melakukan test market terhadap E01 di jalanan umum di Indonesia," ucap Morimoto.

Motor listrik Yamaha E01Kompas.com/Dio Motor listrik Yamaha E01

"Untuk melihat kemampuannya beradaptasi serta mengumpulkan masukan dari konsumen secara langsung," kata dia.

Sebagai informasi, E01 diposisikan untuk mengisi segmen skuter kelas 125 cc dan memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

Motor listrik Yamaha E01Dok. YIMM Motor listrik Yamaha E01

E01 adalah model yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan pengetahuan sepeda motor Yamaha, yang diaplikasikan pada konsep E01.

Hal itu terlihat dari desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di charge di manapum sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com