Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Mobil Rental buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 22/04/2022, 19:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik jelang Lebaran 2022. Banyak warga yang memilih mudik menggunakan mobil.

Bagi yang belum memiliki mobil pribadi atau mungkin mobilnya kurang layak untuk dipakai mudik, banyak yang akhirnya memilih untuk menyewa mobil rental.

Baca juga: Jenis Mobil yang Cocok Disewa buat Mudik

Namun, memilih mobil rental juga tidak bisa sembarangan. Jika salah memilih dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah perjalanan, tentu akan sangat merepotkan dan merugikan.

Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobilTribunnews.com Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil

Chief Operating Officer TRAC-Astra Rent a Car Halomoan Fischer Lumbantoruan, mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih mobil rental.

"Pastikan unit dalam keadaan baik pada saat serah terima. Sebaiknya, dilakukan pemeriksaan umum dan test drive," ujar Fischer, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Dishub Kota Semarang Siapkan Jalur Alternatif selama Arus Mudik

Fischer menambahkan, pastikan mobil rental tersebut didukung oleh layanan emergency dengan cakupan area yang luas, apabila terjadi sesuatu dengan kendaraan.

Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona. dokumentasi pribadi Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona.

"Unit dari TRAC selalu dirawat secara teratur di bengkel resmi dan setiap akan keluar pool dilakukan pengecekan standar untuk memastikan unit dalam kondisi baik," kata Fischer.

Selain itu, Fischer mengatakan, selama periode mudik, TRAC bersama dengan Astra juga menyediakan posko layanan di banyak titik sepanjang jalur mudik. Sehingga, dapat dengan cepat merespon apabila ada keluhan berkaitan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com