Kompas.com - 22/04/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik jelang Lebaran 2022. Banyak warga yang memilih mudik menggunakan mobil.

Bagi yang belum memiliki mobil pribadi atau mungkin mobilnya kurang layak untuk dipakai mudik, banyak yang akhirnya memilih untuk menyewa mobil rental.

Baca juga: Jenis Mobil yang Cocok Disewa buat Mudik

Namun, memilih mobil rental juga tidak bisa sembarangan. Jika salah memilih dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah perjalanan, tentu akan sangat merepotkan dan merugikan.

Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobilTribunnews.com Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil

Chief Operating Officer TRAC-Astra Rent a Car Halomoan Fischer Lumbantoruan, mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih mobil rental.

"Pastikan unit dalam keadaan baik pada saat serah terima. Sebaiknya, dilakukan pemeriksaan umum dan test drive," ujar Fischer, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Dishub Kota Semarang Siapkan Jalur Alternatif selama Arus Mudik

Fischer menambahkan, pastikan mobil rental tersebut didukung oleh layanan emergency dengan cakupan area yang luas, apabila terjadi sesuatu dengan kendaraan.

Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona. dokumentasi pribadi Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona.

"Unit dari TRAC selalu dirawat secara teratur di bengkel resmi dan setiap akan keluar pool dilakukan pengecekan standar untuk memastikan unit dalam kondisi baik," kata Fischer.

Selain itu, Fischer mengatakan, selama periode mudik, TRAC bersama dengan Astra juga menyediakan posko layanan di banyak titik sepanjang jalur mudik. Sehingga, dapat dengan cepat merespon apabila ada keluhan berkaitan kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.