Spek Skutik Listrik Yamaha E01, Torsi Lebih Besar dari XMAX

Kompas.com - 22/04/2022, 14:01 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha E01 merupakan motor listrik yang tengah dikembangkan Yamaha Jepang. Rencananya, skutik tersebut bakal diuji coba di 6 negara, yakni Jepang, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, termasuk juga Eropa.

Dalam konferensi virtual yang diselenggarakan Yamaha Motor Company, spesifikasi dapur pacu Yamaha E01 akhirnya dirilis.

Engineer Project Leader E01 Takuya Maruo mengatakan, bahwa skutik ini akan didaftarkan di segmentasi setara dengan motor berkapasitas 125 cc.

Baca juga: Imbas Kecelakaan, Pelintasan KRL di Rawa Geni Ditutup Permanen

Ilustrasi Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Yamaha E01

"Baterainya memiliki kapasitas 4,9 kWh yang sanggup melepas tenaga sebesar 8,1 kW pada kitiran 5,000 RPM. Bagian yang istimewa adalah karena motor ini sanggup memuntahkan torsi sebesar 30,2 Nm," ujar Maruo, Kamis (21/4/2022).

Torsi E01 bahkan lebih besar dari Yamaha XMAX yang menghasilkan torsi 24,3 Nm. Namun soal tenaga, skutik 250 cc lebih unggul dengan 16,8 kW.

Walaupun memiliki torsi yang beringas, Yamaha menyematkan fitur kontrol traksi, agar tetap aman.

Baca juga: Begini Skema Korlantas Polri Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2022

Ilustrasi Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Yamaha E01
 

Sementara itu, kecepatan maksimal yang sanggup diakomodasi motor ini adalah 100 kpj. Sedangkan jarak tempuhnya bisa mencapai 100 km, sebelum melakukan pengisian baterai kembali.

Kemudian, motor ini juga punya tiga mode berkendara yang bisa dipilih pengendara, antara lain mode Power, Standar, dan Eco.

Mode Power mengeluarkan secara maksimal tenaga dan torsi motor ini, yaitu sebesar 8,1 kW dan torsi 30,2 Nm. Kecepatannya juga bisa menyentuh 100 kpj.

Baca juga: Mudik Lebaran, Lalu Lintas Tol Cipali Diprediksi Meningkat 48 Persen

Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/AGK Tampilan sok motor listrik Yamaha E01 yang mejeng di IIMS Hybrid 2022.

Kemudian mode Standar dengan tenaga maksimal yang sama dengan mode Power, namun torsinya dikurangi jadi 24,5 Nm. Adapun kecepatan maksimal yang bisa dicapai di mode ini sama dengan mode Power.

Sedangkan untuk mode Eco, tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan hanya 5,4 kW dan torsinya hanya sanggup mencapai 21,4 Nm. Akan tetapi, jumlahnya masih lebih besar dari torsi Nmax yang menghasilkan 13,9 Nm.

Terakhir adalah mode Reverse alias mundur. Dalam mode ini, motor hanya bisa melaju 1 kpj, karena difungsikan untuk membantu memundurkan kendaraan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.