Kompas.com - 22/04/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan akan mengizinkan kegiatan mudik pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran pada tahun ini.

Jumlah kendaraan yang digunakan para pemudik melalui jalur darat diperkirakan akan mencapai 23 juta mobil dan 17 juta motor.

Khusus untuk pengendara motor, Polda Metro Jaya akan menyediakan dua rest area khusus bagi pemudik yang menggunakan roda dua. Rest area itu akan dibuka mulai Senin pekan depan.

Baca juga: Begini Skema Korlantas Polri Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2022

“Senin tanggal 25 April 2022 sudah berdiri,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, melalui keterangan resmi, Jumat (22/4/2022).

Sambodo menyebut, dua rest area itu berada di Bekasi dan Tangerang. Sementara untuk kapasitas rest area tersebut bisa menampung 400 unit sepeda motor.

Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arus untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Petugas Kepolisian menghalau pemudik motor yang melawan arus untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

“Kedung Waringin Bekasi dan Jati Uwung Tangerang. Cukup luas, bisa 300 – 400 motor,” kata dia.

Sambodo menyampaikan rest area khusus motor itu dibuka 24 jam. Selain ada fasilitas tempat untuk isoman, juga ada tempat untuk vaksinasi Covid-19.

“Kita buka 24 jam. Tempat istirahat, bensin, mekanik, bengkel, mushola, toilet, makan, minum, kesehatan, vaksin,” ucapnya.

Baca juga: Cek Komponen Ini Sebelum Mudik Pakai Mobil Pribadi

Sebagai informasi, pada tahun ini diperkirakan terdapat sebanyak 85,5 juta orang yang akan mudik Lebaran 2022. Dari total pemudik tahun ini, sebanyak 14,3 juta di antaranya merupakan pemudik yang berasal dari Jabodetabek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.