Marquez Mengakui Kurang Pengalaman Balapan di Sirkuit Portimao

Kompas.com - 22/04/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao akan digelar akhir pekan ini. Hanya di trek ini Marc Marquez mengakui kalau masih minim pengalaman.

Sirkuit Portimao menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2020. Pada 2021, karena sirkuit di luar Eropa masih belum bisa mengadakan balapan, maka Sirkuit Portimao menjadi tuan rumah dua kali.

Jadi, total sudah tiga kali sirkuit tersebut digunakan untuk menggelar MotoGP. Sayangnya, Marquez hanya sempat merasakan sekali balapan di trek ini.

Baca juga: Marc Marquez Yakin Bisa Naik Podium di MotoGP Portugal

Pada 2020, pebalap Repsol Honda tersebut masih mengalami patah tulang pada lengan kanannya. Tahun berikutnya, Marquez kembali setelah hampir satu musim lebih tidak balapan.

Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB.AFP/ MIRCO LAZZARI GP Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB.

Marquez yang langsung balapan di Portugal berhasil membawa motornya finis di urutan ketujuh. Sayangnya, pada MotoGP Algarve yang digelar pada akhir musim, Marquez terpaksa absen lagi.

Marquez mengatakan, menyenangkan bisa kembali balapan setahun lalu di Portimao setelah rehat yang panjang. Tahun tersebut, menurutnya, tidaklah mudah, ada naik dan turun, dan banyak cedera.

"Sayangnya, kami tidak punya banyak referensi, karena saya hanya balapan di trek itu sekali. Alex (Marquez) dan Pol (Espargaro) sangat kencang tahun lalu, di mana itu bisa sedikit membantu kami," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (23/4/2022).

Baca juga: Lorenzo Memperingatkan Marquez Bahaya Terlalu Banyak Kecelakaan

Tapi, menurut Marquez, dia dan timnya masih harus memahami motor barunya lebih baik lagi. Dia pun mengaku datang ke Portimao tanpa ekspektasi dan baru bisa berbicara banyak setelah sesi warm-up.

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika bersama pebalap MotoGP lainnya (20/3/2022).BAY ISMOYO/AFP Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika bersama pebalap MotoGP lainnya (20/3/2022).

"Saya suka layout serta naik dan turun trek ini. Ada banyak tikungan unik yang berbeda dan bergelombang, dan ini adalah trek di mana Anda harus membalap dengan mengalir," kata Marquez.

Marquez mengatakan, menyerang sudah termasuk dalam DNA-nya. Sehingga, dia juga akan melakukan balapan yang agresif, seperti pada MotoGP Amerika. Tapi, itu jika dia merasa feeling-nya bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.