Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Pasuruan Siapkan Rekayasa One Way di Jalur Wisata

Kompas.com - 19/04/2022, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Pasuruan akan memberlakukan sistem satu arah alias one way pada tiga jalur wisata selama periode libur Lebaran 2022, yaitu 28 April 2022 sampai 10 Mei 2022.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada tempat-tempat wisata Pasuruan, lebih tepatnya di jalur menuju wisata Cimory and Dairy Land, Trawas, dan Taman Safari Indonesia II Prigen.

Kendaraan yang akan melewati jalur tersebut akan dialihkan menuju jalan lainnya yang disesuaikan dengan situasi volume kendaraan di lapangan.

Baca juga: Polisi Masih Survei Lokasi Jalan Arteri yang Akan Dipasang Kamera Batas Kecepatan

Memberi makan hewan di Cimory Dairyland, Bogor Memberi makan hewan di Cimory Dairyland, Bogor

Pertama, jalur menuju Prigen diberlakukan satu arah tepat di atas Depot SRI sehingga kendaraan yang akan ke bawah tidak diperbolehkan.

Sedangkan, untuk menuju ke bawah, diharuskan melewati simpang tiga Patung Kuda hingga sampai di Resto Makoya Pandaan dan simpang tiga Kluncing yang bisa langsung menuju tol Pandaan.

Kedua, kendaraan yang akan menuju Taman Safari Prigen diperbolehkan melewati pintu masuk Gading ketika volume kendaraan masih landai maksimal 20 persen.

Ketika sudah 50 persen, kendaraan akan diharuskan putar balik Purwosari yang kemudian melewati jalur alternatif Pasar Kepalangan.

Ketiga, kendaraan yang menuju Trawas diharapkan tidak melewati Prigen tetapi mengakses Exit Tol Gempol atau Japanan, kemudian melewati Watukosek hingga Ngoro, Mojokerto.

Baca juga: Catat, Ini 11 Aturan Parkir Kendaraan agar Tak Kena Sanksi

Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).

Penerapan tersebut juga bertujuan untuk mengantisipasi insiden rem blong, mogok, dan permasalahan kendaraan lainnya. Sementara itu, jika kepadatan sudah terjadi dari Sukorejo hingga Pandaan, maka gate tol Pandaan akan ditutup dan diganti melalui exit tol Purwodadi.

Hingga kini, persiapan one way telah mencapai 70 persen sebelum nantinya akan resmi berlaku. Satlantas Polres Pasuruan juga menyiapkan hal pendukung lainnya seperti banner, himbauan, tanda, dan, pos, dan petugas.

Sedikitnya terdapat 4 pos pengamanan, 4 pos pantau, dan satu pos pelayanan yang telah disiapkan, yaitu pos pengamanan di Arteru Gempol, Exit Purwodadi, Bangil, dan Prigen.

Serta, pos pantau di Purwosari, Sukorejo, Circle PIER, dan Masjid Cheng Ho Pandaan, serta pos pelayanan di Taman Dayu Pandaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com