Catat, Ini 11 Aturan Parkir Kendaraan agar Tak Kena Sanksi

Kompas.com - 19/04/2022, 12:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu polemik kota besar ialah kurangnya lahan sehingga tak sedikit yang parkir sembarangan, atau parkir di jalan karena tidak punya garasi.

Parkir di pinggir jalan membuat kendaraan rawan terhadap kerusakan tambahan terutama karena aksi kriminal, salah satunya ialah pencurian spion mobil atau motor.

Baca juga: Hindari Kemacetan, Coba Mudik Gratis Motor dengan Kapal Laut

sebanyak lima sepeda motor juga diangkut oleh petugas lantaran parkir di trotoar di Jalan Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Senin (1/11/2021), Dok. Sudinhub Jakarta Barat sebanyak lima sepeda motor juga diangkut oleh petugas lantaran parkir di trotoar di Jalan Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Senin (1/11/2021),

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, untuk mencegah pencurian spion mobil, sebaiknya pemilik tidak parkir di sembarang tempat.

“Jika tidak punya garasi, kendaraan sebaiknya dititipkan kepada orang yang bertanggung jawab. Sehingga ada yang menjaga dan mengawasi agar terhindar dari kehilangan,” ujar Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bakal Macet, Jokowi Imbau Jangan Mudik pada 28-30 April 2022

Mobil parkir sembarangan.Dok. Erwin Hutapea Mobil parkir sembarangan.

Terlepas dari aksi kriminal, peraturan mengenai parkir sebetulnya tertuang dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 287 ayat 1.

Pemilik kendaraan yang parkir sembarangan dapat dikenakan Pasal 287 ayat (1), melanggar rambu-rambu atau pidana dengan ancaman kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp 500.000.

Ada 11 titik di mana kendaraan dilarang parkir:

  • Jalur khusus pejalan kaki
  • Jalur khusus sepeda
  • Tikungan
  • Jembatan
  • Terowongan
  • Tempat yang mendekati perlintasan sebidang
  • Tempat yang mendekati persimpangan/kaki persimpangan
  • Muka pintu keluar masuk pekarangan/pusat kegiatan
  • Tempat yang dapat menutupi rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas
  • Berdekatan dengan keran pemadam kebakaran atau sumber air untuk pemadam kebakaran
  • Pada ruas dengan tingkat kemacetan tinggi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.