Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mercedes-Benz 320 TE, Sederhana tapi Elegan

Kompas.com - 18/04/2022, 18:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes-Benz 320 TE station wagon, saat ini keberadaannya cukup langka di Indonesia. Pasalnya, mobil yang lahir pada 1993 ini datang ke Tanah Air merupakan Completely Build Up (CBU).

Melihat tampilannya, Mercedes-Benz 320 TE versi wagon ini memiliki desain yang elegan dan berkelas.

Tak heran jika banyak pecinta otomotif yang meminang mobil ini untuk dijadikan investasi.

Salah satunya adalah Rico, pemilik Mercedes-Benz 320 TE versi wagon tahun 1993. Rico mengaku sengaja membeli mobil ini sebagai bentuk investasinya di masa depan.

Baca juga: Modifikasi Mitsubishi Lancer GTi, Tampilan Sederhana tapi Buat Balap

“Untuk investasi sebenarnya, karena mobil tipe wagon kan naik terus harganya. Awalnya saya menggunakan mobil ini untuk harian, cuma setelah rapih jadi mobil weekend saja,” ucap Rico saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/4/2022),

Bicara soal modifikasi, Mercedes-Benz 320 TE station wagon bergaya stance tuner lorinser milik Rico ini secara garis besar masih mempertahankan sebagian besar bentuk aslinya.

Mercedes-Benz 320 TE station wagonDok Pribadi Rico - Pemilik Mercedes-Benz 320 TE station wagon Mercedes-Benz 320 TE station wagon

Sentuhan modifikasi pada bagian eksterior meliputi bagian pelek dan ban, penggantian headlamp dan lampu sein model American Style, pemasangan lips pada bumper depan, cross bar, dan tailpipe lorinser. Selain itu, wagon berkelir hitam ini juga dibekali sistem air-suspension merk Airgen.

Pada bagian interior yang masih mempertahankan bentuk aslinya, lengkap dengan speedometer lorinser. Untuk audio menggunakan head unit Becker Grandprix dengan koneksi bluetooth dan audio Bose.

Sementara soal performa, mobil ini masih mempertahankan jantung pacu aslinya, yakni mesin 6 silinder dengan kapasitas 3.200 cc.

Dari modifikasi ini, Rico mengaku menghabiskan waktu 7 bulan dengan dana kisaran Rp 150 juta. Ia pun mengatakan bagian tersulit dari modifikasi mobil ini adalah saat pasang air suspension.

“Kesulitan saat modifikasi, pas pasang air suspension. Karena ketika pasang airsus ternyata harus dibuatkan stabilizer custom agar bisa disetel kanan dan kiri biar tidak miring mobilnya ketika pas lagi jalan,” kata dia.

Mercedes-Benz 320 TE station wagonDok Pribadi Rico - Pemilik Mercedes-Benz 320 TE station wagon Mercedes-Benz 320 TE station wagon

Baca juga: Bahaya Modifikasi Tangki Mobil Untuk Menimbun BBM

Spesifikasi modifikasi Mercedes-Benz 320 TE station wagon:

Eksterior
-Repaint full
-Penggantian headlamp dan sign USA
-Pemasangan antena hirschmann part number W124
-Pemasangan cross bar
-Pemasangan lips pada bumper depan
-Tailpipe lorinser

Interior
- Pemasangan car phone motorola
- Speedometer lorinser
- Tape becker grand prix with bluetooth
- Cassette holder part numb w124
- Floormate s124 Mercedes Benz
- Audio Bose

Undercarriage
- Airsus by Airgen 2 point by Akasia
- VR lorinser RSK 2 R18 lebar 9-10 original made in Germany
- Ban Accelera 225/35 18 & 245/35 18
- Chamber kit custom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com